Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 Bertekad Perkuat Industri Kopi Indonesia

JAKARTA (Pos Sore) — Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 resmi dibuka Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga hari ini, 20 September 2019, di Smesco Indonesia. Event tahunan ini dalam rangka menjalin jejaring kerja antar pemangku kepentingan kopi di Indonesia, dan memajukan usaha di bidang perkopian melalui UMKM.

Sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar dunia, Indonesia memiliki aneka ragam kopi dengan rasa khas tersebar di seluruh pelosok tanah air. Begitu pula tradisi dan budaya minum kopi, yang beragam cara dan gaya menikmatinya yang berbeda sehingga menjadikan Indonesia semakin dikenal sebagai negerinya kopi.

Meningkatnya permintaan kopi setiap tahunnya tak hanya meningkatkan angka ekspor kopi Indonesia ke luar negeri, juga menumbuhsuburkan industri kopi UKM di Indonesia.

Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM), Emilia Suhaimi, mengatakan tujuan diadakan event ini untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara, sekaligus sebagai upaya untuk menyatukan potensi komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara.

“Kami mengundang para pelaku UKM di bidang kopi untuk dapat berkumpul, berembug dan saling bersinergi dalam rangka membranding kopi unggulan dari masing-masing daerah, sehingga menjadi potensi dengan prospek yang cerah,” ujar Emilia Suhaimi.

Diharapkan masyarakat, pebisnis, asosiasi, eksportir dan juga pecinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen, dan pengolahan biji kopi, serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai
wilayah di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala kecil, dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha dibisnis kopi ini,” tambah Emilia Suhaimi.

Lisa Ayodhia, Panitia Pelaksana yang juga pemrakarsa Smesco Rembug Kopi Nasional menyampaikan, acara ini salah satu upaya mencari pemecahan masalah tantangan agribisnis komoditas kopi dari hulu ke hilir.

“Juga himbauan untuk bersatu memajukan dunia perkopian Indonesia, peningkatan nilai tambah dan daya saing, serta dalam rangka promosi dan pemasaran kopi Indonesia,” tuturnya.

Rembug Kopi Nasional ini berlangsung hingga 22 September 2019. Berbagai agenda menarik pun digelar seperti talkshow inspiratif tentang start up di bidang kopi & bedah buku barista. Ada juga pameran I – CRAFT, untuk mendukung pelaku UKM agar semakin berkembang dan produk-produknya lebih dicintai oleh masyarakat.

Tak kalah seru, adanya pemilihan Duta Kopi Indonesia 2019, Public Cupping, Coffee Roasting Competition, kopi gratis setiap hari, dan banyak lagi. Edukasi mengenai perkopian dan packagingnya, juga disampaikan dalam event ini agar dapat mendorong dan memotivasi para pelaku usaha khususnya KUKM untuk dapat bersaing positif di usaha perkopian.

“Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 ini diharapkan dapat turut berperan mendorong minat UKM dalam peningkatan kualitas mulai dari pemilihan biji kopi yang baik, pengolahan dan kemasan yang baik,” katanya.

Lisa Ayodya menuturkan, trend minum kopi telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Melihat kenyataan ini, tak berlebihan jika tema perhelatan ini mengakat “Coffee & Culture.

Smesco Rembug Kopi Nasional 2019, kali ini dikemas dengan nuansa Bali sebagai penghormatan kepada Keragaman hasil kopi dengan aneka rasa kopinya. Salah satu kopi terkenal dari Bali, adalah kopi Kintamani. Kopi yang ditanam di daerah yang sejuk dengan sistem pengairan tradisional.

Itu yang membuat biji kopi berkualitas baik, memiliki rasa lembut dan aroma khas yang nikmat, sehingga cita rasanya mendunia. Kopi Bali yang berasal dari Kintamani ini mendapat sertifikasi Indikasi Geografis (IG) secara resmi, sehingga, kopi Bali sudah memenuhi standard internasional.

Daya tarik lain yang tak boleh dilewatkan dalam Rembug Kopi Nasional adalah pemilihan Duta Kopi Indonesia 2019. Tahun ini telah terpilih 20 orang Finalis dari berbagai wilayah di Indonesia yang siap bersaing memperlihatkan kecintaan dan pengetahuan mereka tentang kopi nusantara. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!