Atasi Gangguan Mata, Aktor Rezky Adhitya Pilih Tindakan LASIK di KMN EyeCare

JAKARTA (Pos Sore) — Siapa yang tidak kenal dengan artis Rezky Adhitya. Ada kabar terbaru dari pemain sinetron Putri yang Tertukar ini. Aktor tampan itu baru saja menjalani tindakan LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomileusis) di Klinik Mata Nusantara (KMN) EyeCare TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Untuk kesekian kali pesohor Indonesia melakukan perbaikan pandangan matanya di KMN EyeCare. Rezky Adhitya, artis Indonesia dengan rating sangat bagus, yang semula mengenakan kacamata akhirnya tidak perlu lagi memakai alat bantu setelah menjalani tindakan LASIK.

Tindakan LASIK yang dilakukan oleh Dr. Rini Hersetyati, SpM pada 26 Agustus 2019, telah mengubah penampilan Rezky. Ia tidak lagi menggunakan kacamata maupun lensa kontak untuk dapat melihat dengan jelas lingkungan sekitarnya.

“Sebelum LASIK saya harus pakai kacamata atau lensa kontak. Dan itu cukup mengganggu aktivitas saya terutama saat shooting. Saya sudah lama ingin mengobati mata saya yang menderita minus,” ujarnya.

Tetapi rasa takut dan kekhawatiran terhadap efek samping pengobatan membuat Rezky dihantui keraguan. Keputusan untuk operasi LASIK akhirnya diambil setelah mendapatkan testimoni dari sejumlah temannya.

“Saya paling takut kalau harus ke dokter mata. Apalagi memutuskan untuk melakukan tindakan LASIK. Penanganan dokter dan tim KMN EyeCare ternyata sangat profesional dan mampu menenangkan saya. Itu mengapa akhirnya saya memutuskan melakukan tindakan LASIK,” tuturnya.

Dokter Rini Hersetyati menjelaskan LASIK adalah tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan ketergantungan seseorang pada kacamata atau lensa kontak dengan mengubah kelengkungan kornea menggunakan laser.

Dikatakan, tindakan ini sangat aman dan hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit. Seluruh proses dilakukan menggunakan lensa mikro dan tidak ada efek apapun setelahnya.

Pasien yang sudah melakukan LASIK, lanjut Dr Rini, akan dapat melihat kembali dengan kualitas penglihatan jauh lebih sempurna. Mekanismenya adalah membentuk kembali kornea atau bagian yang jernih dan bulat pada bagian mata.

Prosedur LASIK dapat dilakukan pada pasien yang mengalami kelainan refraksi, rabun jauh (mata minus) dan atau mata silinder (astigmatisme). Tindakan medis ini tidak menggunakan pisau sama sekali. Para spesialis mata di KMN EyeCare sangat terampil menggunakan teknologi laser excimer yang telah diakui FDA untuk mengoreksi penglihatan pasien.

Prosedur LASIK
Proses LASIK itu sendiri jelas Dr Rini terdiri atas tiga tindakan utama yakni pemetaan mata, pembuatan flap dan personalized vision correction (koreksi penglihatan secara individu).

“Proses pertama ini dilakukan untuk menganalisa dan menentukan karakteristik tajam penglihatan pasien,” katanya. Ia mengibaratkan mata sebagai sidik jari atau DNA. Sehingga setiap tindakan mmebutuhkan analisa yang sangat akurat dan detail. Pada proses ini, KMN EyeCare menggunakan teknologi canggih yang akan menghasilkan pemetaan tiga dimensi.

Langkah kedua, pembuatan flap menggunakan teknologi IFS Advanced Femtosecond Laser. Pada tahap ini, 100 persen flap dibuat dengan menggunakan laser (blade free) yang akan menghasilkan flap yang benar-benar personal sesuai mata pasien.

Keunggulan teknologi ini adalah waktu yang lebih cepat hanya 10 detik dibanding teknologi femtosecond laser lainnya yang memerlukan waktu 30-40 detik. Selain itu, flap lebih licin dan halus serta memiliki ketebalan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan rata pada semua bidang flap yang dibuat.

Manfaat lain dari teknologi ini, lanjut Dr Rini, seluruh proses dikontrol 100 persen oleh computer, sehingga menghasilkan flap dengan presisi yang sangat tinggi dan tingkat keakuratan yang sangat luar biasa. Flap juga dapat dibuat lebih tipis sehingga pasien yang tadinya tidak bisa di LASIK karena korneanya tipis sekarang memiliki kesempatan untuk menjalani LASIK.

“Flap yang tipis mempunyai daya rekat lebih baik sehingga proses penyembuhan jauh lebih cepat dan lebih stabil karena flap memiliki bentuk potongan yang khusus. Risiko komplikasi juga lebih rendah dibanding dengan memakai pisau eektrik atau mikrokeratom. Ini juga mengurangi risiko terjaidnya high order aberrations. Bahkan risiko mata kering jauh berkurang,” tandas Dr Rini.

Sedang langkah terakhir yakni personalized vision correction, yakni proses laser yang dilakukan oleh dokter mata untuk mengoreksi ketidaksempurnaan tajam penglihatan dengan mengubah bentuk kelengkungan kornea mata pasien.

Sementara itu, CEO KMN EyeCare, Dr. Rudy C Susilo mengatakan KMN EyeCare merupakan salah satu jaringan klinik spesialis mata terbesar di Indonesia. Sejak beroperasi hingga kini, sudah banyak public figure, tokoh masyarakat dan artis yang melakukan tindakan LASIK di KMN EyeCare.

Mereka memutuskan LASIK di KMN EyeCare karena selain dokternya yang professional, teknologi diagnostic yang canggih juga tindakan pengobatan terkini.

“Visi kami adalah menjadi panutan pelayanan kesehatan berstandar internasional dan misi kami adalah selalu berupaya memberikan pengobatan dan pelayanan kepada pasien dengan kualitas terbaik oleh para professional yang cakap dibidangnya dengan etika yang tinggi,” tutup Dr Rudy. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!