PPJI Luncurkan Aplikasi Jualanmind, Hubungkan Pemasok Bahan Baku dan Pelaku Industri Jasaboga

TANGERANG SELATAN (Pos Sore) — Ratusan pengusaha jasaboga memenuhi ruangan Hal 10 Internasional Covention Exhibition (ICE) BSD. Para pengusaha ini menampilkan dan memamerkan produk-produk jasaboga unggulan. Para pengunjung juga berkesempatan mencicipi produk olahan jasaboga mereka.

Ya, pameran kuliner ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) dengan menggandeng anggotanya yang merupakan perusahan-perusahaan Food and Beverage terkemuka di Indonesia. Pameran berlangsung pada 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Pameran yang bertema “Electric PPJI Food Festival” ini, bagian rangkaian Program Pangan Nusa – Trade Expo Indonesia yang selenggarakan secara berkala oleh Kementerian Perdagangan. PPJI turut mendukung pemerintah dalam menyosialisasikan tentang hemat penggunaan energi listrik dalam industri kuliner ini.

“Diharapkan, para anggota PPJI mulai menggunakan perangkat masak yang hemat energi,“ ujar Sekretaris Jenderal PPJI Afrinaldi. Bagi PPJI di bawah kepemimpinan Iden Gobel, kegiatan ini menjadi momentum bersejarah.

Di ajang pameran ini juga tersedia area makan (food court) bagi para pengunjung Trade Expo Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah aktivitas di panggung utama, seperti cooking demo, talkshow, dan atraksi hiburan lainnya akan menyemarakkan acara sekaligus memberikan pengalaman bagi para pegiat kuliner.

Selama pameran, juga akan dimeriahkan murid-murid Sekolah Menengah Kejuruan kompetensi Tata Boga sebagai calon penerus dunia kuliner. Mereka akan menuangkan kreasi dan kreatifitasnya di ajang lomba kreasi jajan pasar khas Indonesia.

Selain itu, perusahaan yang biasa melayani katering pernikahan, arisan, acara perkantoran, serta industri, akan memberikan paket menarik yang hanya bisa didapatkan selama pameran berlangsung.

PPJI semula bernama APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia). Karena adanya peraturan pemerintah dalam hal penggunaan kata Asosiasi, maka harus mengganti namanya dengan Perkumpulan, untuk melegitimasi nama organisasinya.

Karenanya, nama Perhimpunan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI), termasuk penggunaan logo nama yang sudah mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM, pun diluncurkan bersamaan dengan pembukaan event ini.

Tak lupa PPJI memberikan pula penghargaan Life Time Achievement kepada pendiri organisasi ini yaitu RA. Hj. Ning Sudjito, ST.M.Si dan Hj. Tati Moerdono. Juga kepada dua orang pencipta karya lagu Hymne dan Mars APJI RA. Siti Fatimah DK dan Hj. Sri Asianingsih S.

Aplikasi Jualanmind
Seiring dengan kemajuan teknologi dalam menghadapi era industri 4.0, sejumlah terobosan di bidang kuliner juga dilakukan. PPJI bekerja sama dengan MindStores meluncurkan sebuah aplikasi pasar digital.

Ketua Umum PPJI Irwan Iden Gobel, mengatakan, aplikasi ini menghubungkan pemasok bahan baku dan pelaku industri jasa boga, yang dinamakan dengan “Jualanmind Mobile apps”. Market place ini memberikan pelayanan kuliner prima dan harga terbaik se-Indonesia.

Jualanmind ini dapat membantu anggota PPJI memiliki nilai tambah yang dapat bersaing secara maksimal di pasar nasional dan internasional. Aplikasi ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dan memajukan industri kuliner Indonesia.

Aplikasi Jualanmind ini mudah diakses menggunakan perangkat smartphone, tablet atau desktop, dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu anggota PPJI mengembangkan jaringan bisnisnya secara digital.

“Untuk bergabung di Jualanmind, anggota PPJI dapat melakukan pendaftaran langsung secara online. Untuk tahap awal akan ada sekitar 4,000 perusahaan yang akan bergabung di Jualanmind,” tambahnya.

Ella Rizkita, General Manager MindStores, menjelaskan, salah satu fitur keunggulan Jualanmind adalah memudahkan mempertemukan mitra Jualanmind terdekat yang menjual bahan baku dengan pembelinya. Di sini, pembeli dapat melakukan tawar menawar harga.

Electric PPJI Food Festival juga menjadi ajang temu para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PPJI dari 24 propinsi di Indonesia, dengan diikuti 150 peserta. Pada kesempatan ini akan dilakukan pelantikan 7 DPD PPJI yaitu Aceh, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Pada hari kedua, para pengurus DPP dan DPD APJI melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diadakan di Hotel Grantage, BSD. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!