20.9 C
New York
02/07/2020
Aktual

Ganja Senilai Rp60 M Dimusnahkan

JAKARTA (Pos Sore) — Ganja siap panen tumbuh di lahan  5 ha dimusnahkan anggota Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Penyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, minggu lalu. Barang haram tersebut diperkirakan senilai Rp60 miliar. 19 tersangka diamankan, satu diantara tewas ditembak, karena berusaha melawan petugas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nana Sudjana mengatakan terungkapnya kasus lahan ganja tersebut berawal dari informasi  masyarakat. Disebutkan di wilayah Jakarta Barat sering terjadi transaksi narkoba jenis ganja.

Setelah dilakukan penyelidikan ditangkap satu tersangka dengan barang bukti 1 linting ganja. Kemudian dikembangkan berhasil menangkap 19 tersangka. “Para tersangka itu ditangkap selama dua bulan terakhir ini yakni mulai Desember tahun lalu hingga Januari 2020,” ujar Kapolda Metro Jaya.

Dari tangan para tersangka diamankan sekitar 1,434 ton ganja kering siap jual. Rencananya barang ilegal itu dipasarkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pengakuan para tersangka kepada petugas barang haram itu asalnya dari Mandailing Natal. Petugas pun menuju lahan yang letaknya di daerah pegunungan di Mandailing Natal. “Lokasinya jauh di daerah pegunungan. Untuk menuju lokasi, anggota berjalan kaki selama 6 jam,” tegas Nana.

Atas prestasi para anggota Ditnarkoba Polda Metro Jaya dan jajaran Polres tersebut Kapolda akan mengajukan ke Kapolri Jenderal Idham Azis agar diberikan penghargaan. “Kita akan mengajukan ke Kapolri agar diberikan penghargaan kepada anggota yang terlibat dalan pengungkapan kasus tersebut,” ujarnya. (marolop)

Related posts

PERWOSI Gelar Lomba Senam Bugar Anak Indonesia Tingkat Nasional 2017

Tety Polmasari

Kemenkop Gelar Festival USP dan KSP Award 2015

Tety Polmasari

1,5 Juta Rakyat China Belum Nikmati Listrik

Tety Polmasari

Leave a Comment