7.3 C
New York
26/02/2020
Jabodetabek

Sosialisasi 4 Pilar, Anis Ajak Masyarakat Kedepankan Persatuan dan Kesatuan

JAKARTA (Pos Sore) — “Negara ini dibangun atas konsensus para pendiri bangsa yang menyepakati persatuan dan kesatuan. Mereka rela menyerahkan kekuasaan yang dimiliki oleh masing-masing untuk digabungkan menjadi kekuatan yang lebih besar menjadi Indonesia”.

Demikian disampaikan Dr. Anis Byarwati, Selasa (11/2/2020), dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR yang digelar di aula kantor kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Anis menjelaskan, perbedaan di antara manusia pasti ada. “Tapi kita fix memiliki satu kesatuan yaitu satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air Indonesia,” tandasnya.

Acara ini bekerjasama dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jakarta Timur, dihadiri oleh aparat pemerintahan yaitu Camat Pulo Gadung beserta jajarannya, lurah-lurah di kecamatan Pulo Gadung beserta para ketua RW dan RT serta LMK. Peserta lain yang hadir adalah para tokoh masyarakat lintas etnis dan agama, serta ibu-ibu penggerak PKK.

Para peserta menanggapi kehadiran dan penjelasan anggota MPR ini dengan antusias. Mereka melontarkan pertanyaan yang beragam terkait Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Pertanyaan yang cukup menarik disampaikan salah satu peserta mengenai potensi konflik pasca pilgub dan pilpres lalu.

Menanggapi pertanyaan ini, Anis menegaskan potensi konflik di masyarakat pasti ada. Dan semua kita harus berperan meminimalisir konflik dengan meningkatkan kedewasaan dalam berdemokrasi. “Walau pun berbeda pendapat, namun tetap saling menghormati dan menghargai,” tambahnya.

Sebanyak 150 peserta yang hadir tidak bergeming hingga acara usai. Mereka bahkan berharap agar kegiatan serupa dilaksanakan secara rutin sebagaimana Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) yang pernah dilaksanakan di masa lalu. Mereka menganggap acara sosialisasi 4 pilar ini, cukup efektif untuk merekatkan persatuan dan kesatuan serta memunculkan sikap toleransi yang besar. (tety)

Related posts

DPT Pilkada Kota Bekasi 2018 Berkurang

Tety Polmasari

3 Eks Pegawai ULP Bantah Minta Sogokan

Tety Polmasari

Rayakan HUT ke-45, Jamkrindo Bagi-Bagi Sembako

Tety Polmasari

Leave a Comment