26 C
New York
06/07/2020
Aktual Gaya Hidup

Tilapia Woku, Kelas Memasak Regal Springs Indonesia: Mudah dan Sehat

TANGERANG (Pos Sore) — Pernah mendengar ikan Tilapia? Kalau ikan nila? Nah, ikan tilapia sebenarnya masih satu keluarga dengan ikan nila, ikan yang hidup di air tawar. Yang membedakan, ukurannya saja. Jika ikan nila lebih kecil, sementara ikan tilapia lebih besar. Beratnya bisa di atas 500 gram seekor.

Untuk lebih memperkenalkan ikan tilapia, Regal Springs Indonesia menyelenggarakan acara Kelas Memasak Ikan Tilapia di AEON Mall BSD (Bumi Serpong Damai), Tangerang, Banten, Sabtu (29/2/2020). Kelas memasak ini dipandu chef Yudi.

Acara ini bukan kali pertama diadakan. Kegiatan kali ini adalah yang ke sekian mengingat Regal Springs rutin mengadakan di berbagai daerah di Indonesia. Sudah tidak terhitung. Dan, responnya sangat positif.

Kelas memasak Ikan Tilapia ini selalu saja mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari para peserta, terutama para ibu. Buktinya, pada kelas memasak yang diadakan di area supermarket AEON Mall BSD, dipenuhi para ibu. Mereka begitu serius menyimak kelas memasak hingga tuntas.

Itu artinya, semakin banyak konsumen yang telah mengenal produk Regal Springs Indonesia dengan merk Naturally Better Tilapia. Semakin banyak pula konsumen yang ingin mengetahui variasi-variasi olahan produk tersebut. Tak hanya di Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Karena itu, kami secara rutin menggelar acara kelas memasak ini di berbagai daerah untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin mendapatkan variasi olahan ikan yang mudah dan praktis berbahan dasar Naturally Better Tilapia,” terang Senior Marketing Manager Regal Springs Indonesia, Ratna Yudythia.

External Affairs Senior Manager Regal Springs Indonesia Kasan Mulyono, menambahkan, kelebihan lain produk Tilapia ini, dagingnya lebih lembut, tidak bau tanah, dan kandungan gizinya tinggi tetapi rendah lemak. Kaya vitamin D, protein, dan juga omega.

Kasan menambahkan dari proses budidaya sampai pengolahan, semua dilakukan secara alami. Tidak ada penggunaan zat-zat kimia, obat antibiotik, dan sejenisnya. “Jadi, kita tidak menggunakan antibiotik, hormon dan lain-lain. Selain itu, dalam pengolahan juga kita tidak menggunakan bahan-bahan pengawet,” ucap Kasan.

Dari sisi harga, produk Tilapia ini sangat kompetitif. “Misalnya dari Salmon ya, produk kita lebih murah, dari sisi rasa bisa dibandingkan dengan Salmon. Bahkan dibandingkan dengan produk ikan-ikan air tawar lainnya, produk kita lebih baguslah,” tutur Kasan.

Dari kelas memasak ini, Regal Springs ingin memberikan inspirasi tentang cara memasak Tilapia yang mudah dan praktis. Para ibu yang mengikuti kelas memasak ini juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Chef Yadi, Inhouse Chef Regal Springs Indonesia mengenai tip dan trik memasak Naturally Better Tilapia untuk keluarga.

Dikatakan, produk ikan tilapia tak hanya sehat namun juga mudah diolah. Ikan tilapia memiliki nutrisi tinggi dan mudah diolah menjadi menu yang disukai anak-anak Indonesia. Ikan ini mengandung omega-3 dan omega-6 yang seimbang dan mencukupi kebutuhan gizi anak.

Ikan mengandung asam lemak esensial dan protein tinggi. Protein akan membantu meregenerasi sel dan untuk pertumbuhan sel anak. Adapun asam lemak esensial sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan sel otak anak.

Kandungan mineralnya membantu fungsi faal tubuh agar bekerja dalam pertumbuhan dengan sangat baik, contohnya kalsium dan magnesium yang penting untuk tulang. Sedangkan vitamin yang ada dalam ikan sangat penting pemeliharaan kesehatan tubuh dan fungsi biokimia tubuh.

Kali ini menu yang dipelajari dalam kelas memasak adalah “Tilapia Woku”.
Bahan-bahannya:
– Fillet Tilapia 250 gr
– Bawang merah 12 siung
– Bawang putih 6 siung
– Kemiri 3 butir
– Ketumbar 1 sdt
– Cabai merah besar 2 buah
– Cabai merah keriting 20 buah
– Cabai merah rawit 10 buah
– Kunyit 5 cm
– Jahe 3 cm
– Lengkuas 3 cm
– Sereh 1 batang
– Daun salam 2 lembar
– Daun jeruk 4 lembar
– Daun pandan 2 lembar
– Daun kunyit 1 lembar
– Daun kemangi 3 ikat
– Daun bawang 1 batang
– Air jeruk nipis 1 sdm
– Santan kental 100 ml
– Air matang 250 ml
– Garam 1 sdt
– Lada putih bubuk 1/4 sdt
– Gula pasir 1 sdt
– Penyedap rasa (optional) 2sdt
– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Potong-potong fillet tilapi sesuai selera, kemudian marinasi dengan lada putih bubuk, garam, dan perasan air jeruk nipis. Sisihkan untuk sementara.

2. Haluskan bahan-bahan bumbu: bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar dan kunyit.

3. Iris-iris jahe, lengkuas, sereh dan daun bawang.

4. Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, lalu masukkan bumbu halus, masak hingga harum.

5. Masukkan irisan jahe, sereh, lengkuas, daun kunyit, daun pandan, daun jeruk, dan daun salam.

6. Selanjutnya masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, masak di atas api besar.

7. Setelah itu masukkan potongan ikan, air jeruk nipis, daun bawang dan daun kemanggi. Masukkan bumbu-bumbu: lada, garam, gula pasir, dan penyedap rasa.

8. Masak di atas api besar sambil sesekali diaduk-aduk.

9. Terakhir, masukkan santan sedikit demi sedikit, masak selama 5 menit sambil sesekali diaduk-aduk perlahan, kemudian matikan kompor.

10. Angkat dan Tilapia Woku siap untuk disajikan.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba. (tety)

Related posts

Jokowi akan Hadiri Harkopnas 2016 di Jambi

Tety Polmasari

Bulog Pastikan Pasokan Pangan Aman Jelang Ramadhan–Idul Fitri

ARYODEWO

Megawati Soekarnoputri Buka Try Out SBMPTN 2016

Tety Polmasari

Leave a Comment