24.1 C
New York
09/07/2020
Aktual

Hindari Antrian, Pemohon Perpanjangan SIM Dibatasi

JAKARTA (Pos Sore) — Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) tapi habis masa berlakunya tak usah khawatir tidak bisa diperpanjang. Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya memberikan toleransi waktu hingga 30 Juni 2020.

“Kita akan memberikan toleransi waktu hingga 30 Juni yang akan datang. Oleh sebab itu masyarakat Jakarta dan sekitarnya tidak usah khawatir,” ujar Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Sambodo Purnomo Yogo, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (3/6/2020).

Sambodo  mengakui semenjak dibukanya pelayanan SIM masyarakat beramai-ramai datang untuk perpanjang SIM yang telah habis masa berlakunya. Mereka sengaja datang pagi-pagi dengan harapan bisa perpanjang SIM.

Untuk memecah antrian pemohon perpanjangan SIM, pihaknya membuka SIM keliling di dua titik yaitu di At Tin Jakarta Timur dan Satpas SIM Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.  Atas kondisi antrian panjang, Sambodo menyampaikan permohonan maaf  kepada masyarakat.

“Untuk gerai SIM di Mall, kita akan buka jika pusat perbelanjaan itu dibuka. Masyarakat tidak usah khawatir perpanjangan masa berlaku SIM sampai dengan 30 Juni 2020,” ujarnya.

Saat ini para pemohon SIM dibatasi sesuai dengan kapasitas ruang tunggu dengan memberikan kuota sekitar 150-200 orang. Bagi pemohon yang duluan datang diberikan pelayanan terlebih dahulu untuk pengurusan perpanjangan SIM. Jika lebih dari kuota tersebut di atas dilayani besoknya.

“Contoh kapasitas ruang tunggu pelayanan SIM di Jakarta Timur yang terbatas. Kita memberikan kupon kuota pada pengunjung sejumlah 150-200 kupon yang mendapatkan antrian, selanjutnya ditutup dan dibuka besok dengan jumlah yang sama,” ucapnya.

Namun untuk di Satpas SIM Daan Mogot berlaku kuota 600-800 pemohon untuk membatasi perpanjangan  antrian. Sambodo mengimbau agar pemohon SIM mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah dietapkan pemerintah.

“Kita menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi pemohon SIM harus menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak, physical distancing,” tegasnya. (marolop)

Related posts

Ketua DPR: Kritik Adalah Vitamin

Tety Polmasari

Jauhkan Parpol dari Proses Politik Bertentangan dengan UU

Tety Polmasari

Di Ajang JFK 2016, Rider Luncurkan Kaos Dalam XtraCool

Tety Polmasari

Leave a Comment