24.1 C
New York
09/07/2020
Aktual Kesra

SGM Eksplor dan Alfamart Bantu Penuhi Gizi Keluarga Pengemudi Ojek Online Terdampak Covid-19

JAKARTA (Pos Sore) — Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sejak itu banyak pihak yang terkena dampaknya. Bukan semata-mata merenggut kesehatan banyak manusia, tapi juga meluluhlantakkan perekonomian negeri ini.

Banyak yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), tidak sedikit juga yang kehilangan penghasilan, tak terhitung berapa orang yang masih bekerja tapi gajinya dipangkas, bahkan ada yang tidak digaji. Efek berikutnya, kesulitan keuangan.

Pengemudi ojek online menjadi salah satu pihak yang terkena imbasnya menyusul adanya larangan membawa penumpang selama Covid-19 masih terjadi. Tujuannya memang baik untuk memutus rantai penyebaran virus yang sudah banyak merenggut banyak nyawa itu.

Banyak di antara pengemudi ojek online tersebut yang kesulitan memenuhi nutrisi keluarga mereka, terutama anak-anak. Tak ingin kondisi ini membuat mereka kian terpuruk, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia — melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor, mengajak PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) untuk bekerjasama.

Kerjasama dalam bentuk program berbelanja sambil berdonasi itu untuk membantu pemenuhan kebutuhan harian kelompok yang rentan terhadap dampak pandemi COVID-19. Program bertajuk “SGM Eksplor – Alfamart Berbagi Kasih Untuk 20.000 Driver Online”, itu dilakukan dengan menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan oleh Gojek.

Program yang berlangsung sejak 16-31 Mei 2020 itu telah berhasil mengumpulkan bantuan senilai Rp. 1 milyar. Donasi ini terkumpul dari penjualan susu pertumbuhan SGM Eksplor di jaringan gerai Alfamart ataupun melalui aplikasi Alfacart dan Alfagift.

Donasi ini disalurkan dalam bentuk e-voucher kepada 20.000 pengemudi transportasi online. E-voucher ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari seperti beras, minyak, gula, susu pertumbuhan untuk anak di atas 1 tahun serta susu ibu hamil dan menyusui di seluruh toko Alfamart.

Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Widianto Juwono mengatakan, kerjasama multipihak ini dilakukan untuk membantu pemenuhan gizi keluarga para pengemudi ojek online yang masih harus bekerja di luar rumah dan berjuang di tengah pandemi ini.

Melalui inisiatif tersebut, pihaknya, kata dia, berupaya memfasilitasi semangat gotong royong masyarakat dalam berdonasi untuk pengemudi ojek online, dalam hal ini mitra driver Gojek, dengan harapan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan esensial harian mereka, terutama gizi yang baik.

Sementara itu, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, menyambut baik kolaborasi bersama SGM Eksplor yang mengajak partisipasi donasi konsumen. “Dalam program ini, konsumen dapat membantu sesama yang membutuhkan melalui jaringan gerai Alfamart maupun aplikasi Alfagift dan Alfacart,” jelasnya.

Monica Oudang, Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa menyampaikan apresiasi kolaborasi yang dilakukan Danone Specialized Nutrition Indonesia dan Alfamart dalam meringankan beban mereka yang terkena dampak pandemi COVID-19. “Kami berharap bantuan ini dapat memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia yang bergantung pada pendapatan harian di masa sulit seperti ini.”

Gorga Chandra, seorang mitra pengemudi ojek online yang menerima donasi dari program ini menyampaikan terima kasih atas inisiatif serta perhatian dari pihak SGM Eksplor, Alfamart, serta masyarakat. Donasi ini sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehari-hari.

“Saya berharap, program bantuan seperti ini dapat terus berlangsung, agar lebih banyak lagi rekan-rekan pengemudi ojek online yang bisa terbantu di tengah-tengah kesulitan akibat pandemi COVID-19 ini,” ungkapnya.

Selama pandemi COVID-19, Danone Specialized Nutrition telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan sosial untuk menyediakan 33.000 paket makanan siap santap kepada tenaga medis dan menyalurkan lebih dari 48.000 donasi produk susu pertumbuhan untuk anak berusia di atas 1 tahun dan ibu hamil dan menyusui kepada keluarga dan komunitas yang membutuhkan.

“Program bersama Alfamart ini salah satu dari berbagai upaya kami dalam membantu meringankan beban masyarakat melalui penyediaan akses gizi yang berguna untuk mendorong kesehatan keluarga. Dengan semangat gotong royong, bersatu dan kuat, kami percaya bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini, untuk mewujudkan Generasi Maju dan Indonesia yang sehat,” tutup Widianto Juwono. (tety)

Related posts

APJI Dipercaya Sajikan Aneka Makanan Sehat untuk Peserta Tafisa 2016

Tety Polmasari

Mengatur Pencari Suaka, Indonesia Perlu UU Khusus

Tety Polmasari

4 Orang Luka Bakar Akibat Tabung Gas Meledak

Tety Polmasari

Leave a Comment