24.1 C
New York
09/07/2020
Aktual Ekonomi

Gerakan Nasional Belanja Pengadaan Pemerintah Buka Peluang Peran UMKM

JAKARTA (Pos Sore) — Gerakan Nasional Belanja Pengadaan Pemerintah untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil, yang diluncurkan secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Jumat (26/06/2020), dinilai membuka peluang semakin lebar bagi UMKM di Indonesia untuk mengambil peran dalam perekonomian bangsa.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof. Rully Indrawan, mengapresiasi gerakan tersebut. Sebagai instansi yang terkait langsung dengan pemberdayaan UMKM, KemenkopUKM mengapresiasi gerakan nasional tersebut. Program yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi ini dinilai sangat positif. KemenkopUKM merasa sangat berbahagia, karena sebagian tugas untuk memberikan ruang-ruang dari hasil produksi para pelaku UMKM sekarang sudah terbuka.

Upaya itu diharapkan menjadi model bagi kelompok-kelompok lain di luar lembaga pemerintahan untuk selalu mengapresiasi, menggunakan, dan membeli produk-produk UMKM. Dengan cara ini kita akan menjadi bangsa yang kuat, karena mampu menyediakan barang yang mampu memenuhi kebutuhan, baik dalam aktivitas konsumsi maupun produksi.

“Ini momentum untuk bangkitnya UMKM juga awal yang bagus bagi ekonomi kita ke depan,” kata Prof. Rully yang menyampaikan rasa terima kasih, karena UMKM menjadi perhatian semua pihak, sebagaimana amanah dalam UU UMKM. Keterlibatan banyak pihak untuk turut memberdayakan UMKM menjadi awal yang baik bagi perekonomian nasional dalam jangka panjang.

Selain itu, di saat ini Indonesia juga sedang dalam proses pemulihan ekonomi akibat adanya pandemi COVID-19. “Jadi dalam kerangka itulah kami merasa lebih harus terpanggil dalam upaya menyukseskan program ini,” katanya. Sampai saat ini, KemenkopUKM telah membelanjakan Rp2 miliar dengan jumlah 20 paket untuk kepentingan pengadaan pakaian seragam pengemudi, alat seragam dokter, dan keperluan lain dari UMKM. (tety)

Related posts

Politeknik Negeri Media Kreatif Pastikan Alumni Siap Hadapi MEA

Tety Polmasari

4 Begal Sadis Ditangkap Petugas

marolop possore

Medali Kebebasan Pers Jokowi, Simbol Matinya Nurani Pers Indonesia

Ramli Amin

Leave a Comment