9.1 C
New York
30/10/2020
Aktual

Koperasi PSSM Sumbang RSD Covid-19 Wisma Atlet 1,4 Ton Nanas

JAKARTA (Pos Sore) — Koperasi Produsen Singgalang Sari Maju (PSSM), Subang menyumbang 1,4 ton produksi nanas untuk tenaga kesehatan dan para relawan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran. Sumbangan ini bentuk apresiasi kepada seluruh tenaga medis dan relawan yang bekerja keras dalam merawat pasien Covid-19.

Penyerahan sumbangan dilakukan Asisten Deputi Pertanian dan Perkebunan, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM dan Ketua Koperasi Produsen Singgalang Sari Maju, Efrizal, Sabtu (19/9/2020) di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

“Nanas sebanyak 1,4 ton berupa nanas segar, keripik nenas dan keripik pisang. Diharapkan bantuan ini dapat membantu menambah ketahanan daya tubuh para tenaga medis dan relawan karena buah nenas yang diketahui mengandung vitamin C, mineral, dan serat larut dan tidak larut, serta bromelain,” kata Efrizal

Sebelumnya, Koperasi Singgalang Sari Maju juga telah memberikan sumbangan nanas sebanyak 1,2 ton untuk tenaga medis dan relawan kepada tenaga medis dan relawan yang tengah menanggulangi wabah Covid-19. Sumbangan tersebut diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

KemenkopUKM mengapresiasi bantuan yang diberikan Koperasi Singgalang Sari Maju Subang yang turut melakukan aksi kemanusiaan untuk mendukung seluruh tenaga medis yang berjuang menanggulangi pandemi Covid-19 dan mengharapkan langkah ini fdapat diikuti oleh koperasi-koperasi lainnya.

Koperasi PSSM Subang yang baru berdiri sejak Februari 2020 memiliki anggota 50 orang. Memproduksi usaha pertanian buah-buahan tropis dan subtropis. Komoditi unggulannya adalah nanas. Koperasi binaan Deputi Produksi dan Pemasaran, KemenkopUKM ini secara rutin memasok ke Pasar Induk Caringin Bandung sebanyak 6 ton/minggu, ke pedagang di Surabaya sebanyak 2,5 ton/minggu dan Jakarta sebanyak 2 ton/minggu.

Selain itu, pada saat PSBB pertama melalui fasilitasi KemenkopUKM berhasil memasarkan nanas segar ke Bogor sebanyak 45 ton dan Depok sebanyak 24 ton. Koperasi ini juga sudah mulai memproduksi olahan nenas berupa keripik nenas yang pemasarannya menggandeng beberapa toko oleh-oleh di Subang, Bandung dan toko di Jakarta. (tety)

Related posts

Universal Health Coverage JKN Kab. Boven Digoel, Papua, Capai 100%

Tety Polmasari

Membuka Kowani Fair Online 2020, MenkopUKM: UMKM Digital Produktif Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Tety Polmasari

Jenderal Andika dan Komjen Gatot Sosialisasikan Uji Klinis Kombinasi Obat Covid-19 Hasil Temuan Unair, TNI AD dan BIN

Tety Polmasari

Leave a Comment