9.1 C
New York
30/10/2020
Aktual Kesra Nasional

Dies Natalis ke-12, Polimedia Maju Perkuat Pendidikan Tinggi Vokasi untuk Indonesia Lebih Baik

JAKARTA (Pos Sore) — Sebagai salah satu pendidikan tinggi vokasi di Indonesia, Politeknik Negeri Media Kreatif memiliki peran yang cukup strategis dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi vokasi.

Saat ini, Polimedia sedang bekerja keras merevisi kurikulum yang memungkinkan implementasi kebijakan pemerintah pada semester mendatang. Juga meningkatkan kerjasama baik dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) yang dapat dijadikan tempat mahasiswa melakukan program praktik pengalaman lapangan, praktik industri, ataupun magang.

Karenanya, Politeknik Negeri Media Kreatif Maju akan memperkuat pendidikan tinggi vokasi untuk Indonesia yang lebih baik. Begitu tema Dies Natalis ke-12 Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia Kreatif) Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Tema ini dipilih untuk mendorong dan memotivasi seluruh sivitas Polimedia agar tetap memberikan kualitas layanan pendidikan yang baik meskipun dalam suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ya, Polimedia kini berusia ke-12. Meski di tengah pandemi Covid-19, tak membuat Polimedia patah semangat untuk terus maju menghadapi segala perubahan suasan iklim pendidikan nasional, terutama pendidikan tinggi, yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif Dr Purnomo Ananto MM saat menyampaikan sambutan dalam syukuran Dies Natalis ke-12 Polimedia

“Perbedaan tersebut terutama karena perubahan kedudukan perguruan tinggi yang sebelumnya berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, menjadi bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif Dr Purnomo Ananto MM, di Jakarta, ditemui usai syukuran Dies Natalis ke-12 Polimedia.

Syukuran ini juga diikuti secara virtual melalui zoom meeting maupun channal Youtube. Karenanya, Dies Natalis ini wajib diikuti oleh seluruh civitas akademika baik yang di Jakarta maupun yang berada di Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) yang dimiliki Polimedia Kreatif yaitu yang ada di Medan dan Makassar

Selain itu, kebijakan-kebijakan yang diinisiasi oleh kementerian juga sangat berpengaruh terhadap suasana akademik di perguruan tinggi. Perubahan kebijakan ini, misalnya kebijakan Kampus Merdeka yang artinya Merdeka Belajar yang memberikan opsi dan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, menuntut respon yang cepat dan tepat oleh kita semua.

“Syukur alhamdulillah atas capaian dan prestasi yang diraih oleh Polimedia baik di bidang kelembagaan, para dosen dengan karya akademisnya, dan mahasiswa dengan prestasinya. Berbagai prestasi tersebut telah membawa nama Polimedia lebih dikenal baik di tingkat nasional, regional, dan bahkan internasional. Tanpa limpahan rahmat-Nya, mustahil bagi Polimedia untuk mencapai raihan seperti sekarang ini,” tuturnya.

Ke depan, pihaknya ingin sebanyak mungkin melakukan kolaborasi dengan dunia industri. Upaya kerjasama itu gencar dilakukan karena ingin mahasiswanya terserap di dunia industri. Sebagai perguruan tinggi negeri vokasi Polimedia juga telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan industri-industri besar, menengah dan kecil di Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi ini tidak hanya menguntungkan mahasiswa dan kampus, tapi juga menguntungkan dunia industri. Ketika industri membutuhkan pegawai, tinggal mengambil mahasiswa yang magang di perusahaan tersebut.

“Perusahaan jadi tidak perlu melatih karyawan untuk menjadi kartawan yang diinginkan perusahaan. Jadi lebih hemat waktu, proses, dan tenaga,” kata Ananto.

Ia menambahkan, Polimedia Kreatif sangat fokus mendorong mahasiswanya berprestasi. Untuk itu, pihaknya melakukan perbaikan internal terutama perbaikan sarana prasarana, memperkuat laboratorium, studio juga diperkuat.

Karena itu, dalam kesempatan kegiatan Dies Natalis, juga dilakukan pengguntingan pita pertanda diresmikannya pemakaian gedung lantai 9, 10 dan 11 kampus tersebut.

“Tahun ini kita juga menambah daya tampung mahasiswa menjadi 1980-an mahasiswa baru. Tiap tahun rata-rata Polimedia Kreatif meluluskan 700 hingga 800 mahasiswa,” jelas Purnomo.

Polimedia sebagai politeknik negeri vokasi menghasilkan lulusan untuk kebutuhan industri kreatif saat ini sudah memiliki 14 program studi yang terbagi dalam empat jurusan, diantaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata.

Selain itu, Polimedia juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur. Pada 2020 ini, Polimedia menerima lebih dari 1.900 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dikatakan, alumni Polimedia Kreatif, 81,6% terserap di dunia industri, lainnya ada yang melanjutkan kuliah, ada juga yang berwirausaha. Karena ada dasarnya pendidikan di kampus ini berbasis produksi dan kewirausahaan, sehingga ada mata kuliah wajib bagi mahasiswa tentang kewirausahaan. (tety)

Related posts

Ingin Lihat Gerhana Bulan Total? Catat Tanggalnya…

Tety Polmasari

Gudang Pengoplosan Gas Elpiji Digerebek

Tety Polmasari

Indonesia Diharapkan Membuat Satelit Sendiri

Tety Polmasari

Leave a Comment