10.1 C
New York
01/12/2020
Aktual Nasional

Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI, Anis Sampaikan Pancasila Pedoman Berbangsa dan Bernegara

JAKARTA (Pos Sore) — Politisi PKS Dr. Anis Byarwati menekankan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dibangun berlandaskan Pancasila yang merupakan kesepakatan para pendiri bangsa Negara Republik Indonesia. Karenanya, Pancasila menjadi elemen penting dalam mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat majemuk dari segi suku, agama, bahasa dan budaya.

“Menjadi kewajiban seluruh warga negara dan pemerintah Indonesia untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkap Anis di hadapan sekitar 150 kader PKS Se-Kecamatan Makasar, di Jakarta, Minggu (9/11/2020), saat sosialisai 4 Pilar MPR RI, yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Anis juga menyampaikan para pendiri bangsa yang merumuskan Pancasila, mayoritasnya adalah para ulama. Sehingga sila-sila yang terdapat dalam Pancasila memiliki semangat dan sesuai dengan ajaran Islam.

“Mengingat sebuah hadits Rasulullah SAW yang berbunyi “Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ia menemukannya, maka ambillah.” (HR. Tirmidzi), “Maka Pancasila adalah hikmah milik umat Islam yang sangat berharga,” ujar Anis yang juga merupakan Doktor di bidang Ekonomi Islam.

Saat sesi diskusi, para peserta yang antusias menyampaikan pertanyaan kepada legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini. Di antara pertanyaan yang mengemuka mengenai hari lahir Pancasila, latar belakang kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, dan perlunya nilai-nilai Pancasila dikuatkan Kembali dalam kurikulum Pendidikan dan pelajaran resmi di sekolah khususnya dalam bentuk pelajaran budi pekerti.

Dalam kesempatan ini, Anis pun menjawab dengan tuntas semua pertanyaan yang diberikan. Para peserta menyampaikan apresiasi kepada MPR RI yang telah mengadakan program Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini.

Dengan menyimak materi yang disampaikan, mereka merasa tercerahkan dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan mengenai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar-dasar dan prinsip-prinsip yang harus dijadikan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Para peserta juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Anis Byarwati sebagai anggota MPR RI yang telah menunaikan tugasnya sebagai anggota MPR RI dengan baik, di antaranya dengan menjelaskan 4 pilar MPR RI yang begitu dalam dan detail. Para peserta juga bersyukur karena pertemuan ini menjadi ajang silaturahim mereka dengan wakil mereka di MPR RI. (tety)

Related posts

Presiden Joko Widodo Tinjau Proyek Rumah MBR

Tety Polmasari

Pulihkan Ekonomi Pelaku KUMKM, KemenkopUKM Gencar Berikan Bantuan

Tety Polmasari

DPD Jalin hubungan Bilateral dengan India

Tety Polmasari

Leave a Comment