Pelaku Usaha Perempuan Lebih Tertib Administrasi

Selasa, 4 Feb 2014

JAKARTA  (Pos Sore) — Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan berulang kali mengungkap betapa tahan bantingnya sektor usaha kecil menengah (UKM).

Terlebih UKM itu dijalankan oleh kaum perempuan yang notabene lebih tertib administrasi. Menteri menyatakan pelaku usaha  perempuan tertib keuangan dan lebih bertanggung jawab ketimbang pengusaha pria.

“Pengalaman berbicara, wirausaha perempuan lebih bertanggung jawab, dan profesional dalam pengelolaan keuangan.”

Ia mencatat,  tunggakan utang atau kredit pengusaha perempuan di Indonesia bisa 0%.  Sedangkan total tunggakan kredit wirausaha hanya 3%. Syarief menilai tunggakan yang nol persen itu wujud  peran perempuan yang sangat krusial dalam menggiatkan ekonomi rakyat.

“Pengalaman berbicara, wirausaha perempuan lebih bertanggung jawab, dan profesional dalam pengelolaan keuangan,” ujar Syarief, kemarin.

Ia mengungkap kini ada 12.076 unit koperasi perempuan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Para koperasi ini bisa menciptakan banyak lapangan kerja, serta menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan.

Syarief juga mengungkap jumlah kredit usaha rakyat (KUR) yang hingga akhir 2013 jumlahnya mencapai Rp 137 triliun dengan jumlah debitur 10 juta lebih.(fent)