Boyolali Tolak Unggas dari Daerah Endemi Flu Burung

BOYOLALI (Pos Sore) — Untuk mencegah penularan Flu peternak unggas di Boyolali diimbau untuk tidak mengambil unggas dari daerah yang terkena serangan virus AI (Flu Burung), seperti dari wilayah Sragen.

Imbauan ini disampaikan Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Selasa (18/2). Kabid Kesehatan Hewan Verteriner Disnakkan Boyolali, Ida Nawaksari mengungkapkan, imbauan tersebut sebagai antisipasi agar unggas tidak terkena virus AI.

Menurut Ida, hingga saat ini belum ada laporan kematian unggas di Boyolali yang disebabkan AI. Sejumlah kematian unggas yang sempat terjadi, dari hasil rapid test negatif AI. Meski demikian pihaknya terus mewaspadai penularan penyakit AI dari daerah lain pada unggas yang ada di Boyolali.

“Jangan beli unggas di daerah yang terkena AI, paling tidak sampai serangan mereda dan dinyatakan aman,” ungkap Ida.

Pihaknya kini juga terus melakukan vaksinasi terhadap unggas-unggas milik peternak. Vaksinasi ini dilakukan sebagai antisipasi dini serangan penyakit, utamanya AI. Untuk stok vaksin, saat ini jumlahnya sudah mencukupi.
Pasalnya pihaknya baru saja menerima droppingvaksin flu burung dari provinsi sebanyak 10 ribu dosis. Selain itu di Disnakkan Boyolali juga tersedia sekitar 5 ribu dosis.(dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!