21 C
New York
13/06/2021
Aktual

500 Pengrajin Kayu Ikut Ajang Internasional

JAKARTA (Pos Sore) — Sebanyak 500 pengusaha ekportir mebel dan kerajinan kayu mengikuti ajang berskala internasional  yakni pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) di JIExpo dan Jakarta Convention Center (JCC) pada Maret mendatang.

Pameran di JIExpo yang rencananya dilaksanakan pada 11-14 Maret 2014, akan menyuguhkan berbagai pilihan mebel kayu, rotan dan mebel berbahan bambu untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, ruang keluarga, serta mebel anak-anak.

Sementara itu, pameran yang akan dilaksanakan di JCC pada 12-15 Maret 2014, akan menampilkan mebel dapur, kerajinan, mebel dari panel dan interior rumah. Sebagai negara besar, Indonesia seharusnya menjadi leader industri mebel dan kerajinan di kawasan ASEAN.

“Sekitar 2/3 pemain nasional akan mengikuti pameran IFEX. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengenal produk dalam negeri,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Mebel Kayu dan Rotan Indonesia (AMKRI) Abdul Shobur, Jumat (21/2).

Selain diikuti oleh pengusaha dalam negeri, kata dia, pelaku industri mebel dan kerajinan dari berbagai negara turut meramaikan. Stand yang disediakan sampai saat ini mencapai 1.200-an tempat untuk ajang pameran. “Kami menargetkan selama pameran berlangsung, nilai transaksi antara 300 juta dolar AS-400 juta dolar AS,” kata dia.

Dia menuturkan angka tersebut sesuai dengan pertumbuhan industri mebel dan kerajinan pada 2014 sebesar 10%-20%.

Sobur optimis prediksi nilai ekspor pada tahun ini bisa menembus 2,8 miliar dolar AS, dengan rincian untuk produk furniture US$2 miliar dan produk handricaft mencapai 800 juta dolar AS.(fitri)

Related posts

Hetifah Tak Yakin Satuan Pendidikan dan Guru Terinformasi Baik SKB Empat Menteri Soal PTM

Akhir Tanjung

Lagi, Bayi Kedua Amerika ‘Sembuh’ dari HIV

Tety Polmasari

Menko PMK Canangkan Tahun 2016 Dimulainya Tahun Inovasi Indonesia

Tety Polmasari

Leave a Comment