11.8 C
New York
06/05/2021
Aktual

Moh. Toha Dan Ali Sadikin Diusulkan Lagi Jadi Pahlawan

BANDUNG (Pos Sore) — Setelah dua kali diusulkan ke Pemerintah menemui kegagalan, saat ini Mohamad Toha dan Ali Sadikin kembali diusulkan untuk diangkat menjadi Pahlawan Nasional pada tahun ini.

Nama Mohamad Toha sangat dikenal sebagai Pejuang Bandung Lautan Api, peristiwanya terjadi pada tanggal 24 Maret 1946 sebagai wujud penolakan rakyat Bandung atas kembalinya Sekutu ke tanah air.

Waktu itu Moh. Toha dengan gagah berani meledakan gudang Mesiu di Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung yang menjadi Markas Sekutu, sehingga gerakan ini menghadirkan Peristiwa Bandung Lautan Api, dan diperingati oleh Warga Bandung Raya setiap tanggal 24 Maret.

Sementara itu Ali Sadikin yang mantan Gubernur DKI Jaya, sempat dua kali diusulkan jadi Pahlawan Nasional namun gagal karena alasan dirinya sebagai Pentolan Petisi 50 pada masa Orde Baru waktu lalu.

Prof. DR. Nina Lubis, Ketua Tim Pengkaji Pengusul Pahlawan Jawa Barat kepada Wartawan di Gedung Sate Bandung kemarin seusai Seminar Soal Kepahlawanan Ali Sadikin, mengatakan kali ini pihaknya optimis pemerintah akan mengabulkan usulan rakyat Jawa Barat menjadikan Ali Sadikin sebagai Pahlawan Nasional.

Ali Sadikin, Tokoh Jabar, dikenal sebagai Gubernur DKI Jaya yang berhasil merubah wajah kumuh Kota Jakarta menjadi Kota Metropolitan hingga seperti sekarang ini. (kukuh)

Related posts

Zulkifli Hasan Ajak Semua Pihak Renungkan Tujuan Bangsa

Tety Polmasari

Menag: Birokrasi Dituntut Berpikir Out of The Box

Tety Polmasari

Sinar Mas Dukung Rehabilitasi Rumah Dinas Kodam VII Wirabuana

Tety Polmasari

Leave a Comment