11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual

Ketergantungan Impor Barang Modal Tinggi

JAKARTA-Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi mengatakan, ketergantungan industri manufaktur untuk kebutuhan barang modal dari negara-negara maju ber teknologi tinggi sangat besar.

“Hanya saja ketergantungan impor yang tinggi ini harus dikurangi dengan mengandalkan sumber daya yang ada di dalam negeri, baik itu SDM, teknologi, SDA, dan lainnya.”

Kendati demikian, kata Budi, Indonesia sulit menghindari impor barang modal apalgi di tengah ekonomi dalam negeri terus berkembang.

“Hanya saja ketergantungan impor yang tinggi ini harus dikurangi dengan mengandalkan sumber daya yang ada di dalam negeri, baik itu SDM, teknologi, SDA, dan lainnya,”kata Budi Kamis (3/4).

Tingginya impor barang modal,menurutnya tidak perlu ter lalu dikhawatirkan.Justru harus dimanfaatkan untuk menarik investasi di dalam negeri

“Untuk investasi barang modal prediksi saya US$1 miliar tahun ini. Dari investasi senilai US$1 miliar tersebut, akan menghasilkan output atau nilai bisnis tiga kali lipat. Jadi kalau investasi US$1 miliar tahun ini, keluarannya bisa US$3 miliar kalau produksi penuh.”

Saat ini,katanya, hampir sebagian besar investasi barang modal yang masuk berupa peralatan standar pabrik, mulai dari peralatan listrik bertegangan tinggi, turbin, boiler, distribution panel, conveyor, dump truck ukuran besar, kapal, fan besar, alat pemotong pertanian.

Data Kemenperin menggambarkan, investasi PMA industri barang modal pada 2013 sekitar US$360,53 juta, sementara investasi PMDN sekitar Rp2,539 miliar atau setara US$253.000.Jika target investasi industri barang modal senilai US$1 miliar pada 2014, artinya terjadi kenaikan tiga kali lipat dibandingkan 2013.(fitri)

Related posts

Diskusi Empat Pilar, Agun: Parpol Pragmatisme, Terjadi Polarisasi Ideologi

Akhir Tanjung

Pemulihan Ekonomi Nasional, Anis Minta OJK Berpihak pada UMKM

Tety Polmasari

Uchok Sky Khadafi Minta KPK Periksa Sofyan Djalil Terkait Rakernas di Hotel Mewah

Akhir Tanjung

Leave a Comment