7 C
New York
05/12/2020
Aktual

Pemerintah Apresiasi Aksi Buruh Rayakan Mayday

JAKARTA (Pos Sore) — Hari Solidaritas Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei dirayakan oleh buruh di seantero dunia dengan berbagai kegiatan, Khusus di Indonesia, Hari Buruh yang lebih dikenal dengan MayDay akan dilewati dengan bhakti sosial sebagaimana dianjurkan pemerintah.

Untuk itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar atas nama pemerintah menyambut baik rencana para pekerja/buruh tersebut. “Pemerintah mengapresiasi rencana itu,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta pada Rabu (30/4).

Untuk perayaan MayDay tahun ini, pemerintah sudah mrnyampaikan surat edaran kepada serikat buruh/pekerja dan perusahaan agar perayaan mayday dapat dimanfaatkan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan seperti panggung rakyat, donor darah, sunatan massal, pembagian sembako, dan kegiatan soaial lainnya.

“Peringatan Mayday rutin dilakukan setiap tahun, namun paradigmanya harus diubah dari perjuangan melalui aksi demo menjadi gerakan dialog sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan, “ Katanya.

Pusat Humas Kemnakertrans menginfokan, berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan data sementara per Rabu ( 30/4) dari Posko Pemantauan Mayday 2014 yang dibentuk Kemnakertrans tercatat berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan dilakukan oleh pekerja/buruh di seluruh Indonesia dalam merayakan mayday.

“Dari berbagai daerah di Indonesia masuk laporan bahwa para pekerja/buruh akan melakukan perayaan mayday dengan beragam aksi sosial kemasyarakatan baik di sekitar lingkungan perusahaan, kantor dinas tenaga kerja maupun kantor pemerintah daerah, “ kata Kapus Humas Kemnakertrans, Suhartono.

Untuk wilayah Jabodetabek, para buruh akan menyelenggarakan panggung hiburan rakyat di Ancol dan Senayan, bakti sosial dan donor darah di Cipinang Jakarta Timur, penghijauan 100 pohon mangga di BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sarapan pagi bersama pekerja di Carrefour, MT Haryono, Jakarta Selatan, donor darah dan sunatan masal di Kota bekasi, penanaman pohon magrove di Muara Gembong Bekasi.

Wilayah Karawang dan Purwakarta Jawa Barat, akan digelar jalan pagi sehat. Sedangkan di sekitar kantor gubernur Provinsi Banten akan dilaksanakan bakti sosial berupa donor darah dan khitanan massal.

Di Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur, perayaan mayday akan disemarakkan dengan istiqosah bersama, dan pasar rakyat, pembagian sembako bagi pekerja dan pemberian penghargaan mayday.

Sedangkan di Makasar, Sulawesi Selatan dan Samarinda Kaltim, dilaporkan para pekerja akan menggelar jalan santai besar-besaran yang melibatkan para pekerja dan keluarganya.

Sedangkan di pusat kota Banjirmasin Kalimantan Selatan perayaan mayday akan diisi dengan jalan santai dan pembagian doorprize, donor darah dan dialog terbuka antara pekerja dan pengusaha

Pemerintah menganjurkan perayaan mayday tahun ini dijadikan sebagai ajang komunikasi yang baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah agar tercipta hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta meningkatkan produktivitas kerja.

Data Kemenakertrans menunjukkan saat ini tercatat ada 6 Konfederasi SP/SB, 92 Federasi SP/SB, 11. 852 (SP/SB) tingkat perusahaan, 170 SP/SB BUMN dan jumlah anggota SP/SB seluruhnya mencapai 3.414.455 orang. (hasyim)

Related posts

LLP-KUKM Diminta Sosialisasikan KUR BE kepada UKM Mitra Berorientasi Ekspor

Tety Polmasari

Pendidikan Vokasi Berperan Tingkatkan Kualitas SDM di Era Keterbukaan Informasi

Tety Polmasari

Semakin Banyak Anak Menderita Diabetes Mellitus

Tety Polmasari

Leave a Comment