Daun Pepaya, Pahit-pahit Menyehatkan

Jumat, 2 Mei 2014

Mengonsumsi buah pepaya (Carica papaya) memang menyehatkan tubuh. Namun tak hanya buahnya saja yang kerap dikonsumsi. Daun pepaya meski terasa pahit, banyak juga yang mengonsumsinya. Terlebih jika sudah mengetahui bagaimana mengolah daun pepaya agar tidak terasa pahit. Entah sebagai lalapan, olahan masakan, atau sebagai obat.

Tak banyak yang tahu jika daun pepaya bisa diolah sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain:

@obat jerawat
Cara daun pepaya harus dikeringkan terlebih dahulu, kemudian dilumatkan dan dicampur dengan air baru, lalu diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umumnya.

@obat demam berdarah
Caranya ambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusannya diminum sekaligus.

@obat anti kanker
Journal Society of Biology menyebut batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Dimasak dengan cara apa pun, manfaatnya tetap terserap oleh tubuh.

@obat antinyeri saat haid
Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Sebaiknya diminum selagi hangat.

@memperlancar pencernaan
Kandungan dalam daun pepaya yang dinamakan karpain sangat baik untuk saluran pencernaan karena karpainlah yang membantu membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai teman makan nasi atau lalapan.

@menambah nafsu makan
Siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, lalu disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

@obat sakit perut balita
Sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya, lalu ditumbuk bersama sampai halus. Gunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut balita yang sakit.

@memperbaiki nutrisi pada balita
Daun pepaya kaya dengan vitamin dan mineral. Jika balita anda mengalami kekurangan nutrisi gunakan daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.

Manfaat lainnya, sebagai pengontrol tekanan darah, memperkuat tulang dan gigi, serta melancarkan ASI. (tety/berbagai sumber)