Wow…, Ibu Lahirkan Bayi Kembar Satu Ketuban

ORRVILLE (Pos Sore) — Ini kejadian langka. Seorang wanita melahirkan bayi kembar dua dari satu ketuban atau kembar monoamniotic. Wanita bernama Sarah Thistlehwaite (32) dari Orrville, negara bagian Ohio, Amerika ini melahirkan bayi kembar identik, Jenna dan Jillian, pada Jumat lalu setelah dirawat selama hampir dua bulan di rumah sakit.

Sarah yang sehari-harinya bekerja sebagai guru matematika di sekolah menengah di Ohio, ini sengaja memilih waktu melahirkan pada Hari Ibu di Amerika melalui persalinan Caesar. Ketika lahir, dua bayi kembar ini saling berpegangan tangan saat dokter memperlihatkan keduanya kepada ibunya. Keduanya berbagi satu kantung ketuban dan plasenta.

“Ini adalah sebuah kejadian yang langka dan hanya terjadi untuk setiap 10.000 kelahiran. Ini keajaiban. Mereka sudah menjadi sahabat terbaik,” kata Sarah kepada WEWS-TV di Cleveland.

Ia sudah dirawat di rumah sakit di Akron General Medical Center sejak 14 Maret lalu setelah mengetahui janin kembarnya tergolong kondisi ‘mono mono’. Selama berada di rumah sakit, para dokter terus memantau kondisi janin selama 20 jam sehari. Ia diberi pilihan untuk melahirkan antara 32 hingga 34 usia kehamilan

“Ketika bayi kembar berbagi satu kantung ketuban, ada banyak risiko yang harus dipantau. Tali pusar kembar dapat terjerat atau tertekan. Juga ada risiko dimana tali pusat satu janin mungkin melingkari leher janin yang lain. Kami sudah berdiskusi tentang betapa sulitnya mengambil keputusan dengan mempertimbangkan risiko kelahiran prematur atau risiko jeratan tali pusar,” demikian penjelasan rumah sakit pada situs blog-nya.

“Sarah memilih operasi Caesar pada 9 Mei karena ingin menjadi seorang ‘ibu sejati’ pada Hari Ibu,” papar Melissa Mancuso, seorang dokter yang melakukan operasi Caesar.

Operasi pun berjalan lancar. Jenna dan Jillian lahir selamat dengan berat 4 pon 2 ons dan 3 pon 12 ons. Lantaran lahir prematur, dua kembar identik ini langsung dirawat di ruang khusus perawatan intensif bayi dan harus dirawat di ruang itu selama dua hingga empat pekan sebelum dibawa pulang ke rumah.

Bayi kembar ‘mono mono’ kini menjadi tren di rumah sakit Akron. Seorang calon ibu lainnya, Amanda Arnold, diperkirakan akan melahirkan bayi kembar monoamniatic (satu ketuban) di Akron General pada pekan depan.

“Saya sudah menjalankan profesi sebagai dokter kebidanan berisiko tinggi selama sekitar 35 tahun dan mengalami kasus seperti ini kurang dari 10 kasus. Sungguh mengejutkan bila kami memiliki dua kasus bayi kembar monoamniatic pada waktu yang sama,” tambah Dr Mancuso.(yahoo/bbc/meidia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!