Madinah Buka Layanan Media Sosial bagi Jemaah Haji dan Umroh

MADINAH — Kementerian Haji Arab Saudi cabang Madinah telah meluncurkan layanan komunikasi internet pada beberapa situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, untuk pertama kalinya agar dapat dimanfaatkan para jemaah haji dan umroh.

Dinas kementerian haji cabang Madinah ini juga menyediakan nomor telepon seluler dan jalur darat untuk menampung berbagai pengaduan dan pemeriksaan selama 24 jam.

Hal ini diungkapkan Muhammad Al-Beijawi, kepala kantor urusan haji cabang Madinah kemarin. Menurutnya, langkah ini ditempuh sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan haji dan umroh yang sejalan dengan perintah Menteri Urusan Haji Bandar Hajjar.

Hajjar telah memerintahkan berbagai pemberi layanan outsourcing untuk berkonsultasi dengan komisi agar memenuhi standar Eropa guna memastikan layanan berkualitas bagi jemaah dan pengunjung. “Cabang kami di Madinah telah melakukan beberapa proyek untuk meningkatkan layanan, termasuk memperkuat komunikasi dengan jemaah,” ujar Al-Beijawi.

“Berbagai komentar dan keluhan dapat dilakukan dari mana saja, termasuk saat ketibaan atau kepergian. Tim inspeksi terus-menerus melakukan kunjungan ke hotel-hotel dan apartemen untuk memastikan layanan konsumen yang berkualitas,” tambahnya.

Saat ini terjadi peningkatan jumlah jemaah berkat keberhasilan berbagai proyek perluasan yang kini sedang berlangsung di Masjidil Haram dan sejumlah bandara, serta pembuatan jalur tol Haramain Expressway dan proyek lain.

Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan lebih dari 5 juta visa sejak awal tahun 2014. Sekitar 4,5 juta orang telah masuk ke negara kaya minyak itu dan 4,2 juta sudah pergi. Diperkirakan ada 322.000 jemaah yang telah habis izin visanya namun masih menetap di Saudi. Akun Twitter kementerian Haji adalah Hajmadina@ dan akun Facebook, Hajmadina.(arabnews/meidia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!