Pria Tergemuk di Dunia Meninggal

MONTERREY (Pos Sore) — Manuel Uribe, pria Meksiko yang pernah meraih rekor sebagai orang paling gemuk di dunia dengan berat 597 kilogram, meninggal pekan ini di usia 48 tahun. 

Laporan awal menyebutkan Manuel Uribe meninggal karena detak jantung tak teratur dan penyakit yang berkaitan dengan hilangnya cairan di kedua kakinya. Ini diungkapkan seorang ahli medis di University Hospital di Kota Monterrey, negara bagian Nuevo Leon, utara Meksiko. Sumber medis juga menyebutkan ia meninggal karena masalah jantung dan liver.

Ketika berusia 40 tahun, berat tubuhnya mencapai 550 kilogram. Setelah ia masuk dalam rekor sebagai orang tertekuk di dunia menurut Guinness World Records pada 2007, Uribe mulai melakukan diet hingga beratnya turun menjadi 394 kilogram. Ia pernah memiliki berat hingga 597 kilogram.

Pada 2 Mei lalu, ia dibawa ke rumah sakit menggunakan alat berat crane dari rumahnya di Kota Dan Nicolas de los Garza karena detak jantung tak normal. Selama bertahun-tahun, ia hanya bisa berbaring di ranjang karena tak dapat berjalan.

Uribe menikah dengan Claudia Solis pada 2008 lalu dan harus dibawa menggunakan crane ke upacara pernikahan. Sebuah stasiun televisi Amerika membeli hak siar untuk peristiwa langka ini. Selama ini ia hampir tidak pernah meninggalkan rumah dan pernikahannya itu merupakan kesempatan yang jarang terjadi karena ia dapat meninggalkan rumah.

Semasa kecil, Uribe adalah anak yang lucu dan gemuk. Sejak 1992, beratnya terus bertambah dengan pesat. Lalu, sejak 2002, ia hanya bisa berbaring di ranjang dan mengandalkan jasa ibunya dan teman-temannya untuk memberi makan dan membersihkan tubuhnya.

Meksiko harus berjuang keras menghadapi epidemi obesitas di negara Amerika Latin ini. Hampir 71 persen orang dewasa dan sepertiga anak tergolong memiliki berat tubuh berlebih atau obesitas. Negara ini menyaingi Amerika Serikat untuk gelar sebagai negara dengan penduduk tergemuk di dunia.(gulfnews/yahoo/meidia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!