11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual

Fambras Kampanye Toleransi Islam

RIO DE JANEIRO (Pos Sore) — Setelah tiga tahun bekerja keras, Asosiasi Federasi Muslim di Brasil (FAMBRAS) meluncurkan kampanye Salam Brasil yang bertepatan dengan penyelenggaraan Piala Dunia.

Kampanye ini bertujuan untuk menyampaikan ajaran toleransi dalam agama Islam kepada ribuan penggemar sepakbola yang datang ke Brasil dari berbagai negara.

“Salam Brasil adalah bagian dari proyek “Know Islam” yang diluncurkan enam tahun lalu untuk memperkenalkan ajaran Islam kepada masyarakat Brasil melalui berbagai proyek dakwah,” papar Ahmed Khalaf, warga Mesir yang bekerja di Fambras.

“Proyek ini mengemban tanggung jawab menyebarkan ajaran Islam yang moderat, bukan hanya kepada orang Brasil tapi juga semua pengunjung dari penjuru dunia yang menonton pertandingan ini,” tambahnya.

“Proyek ini mengemban tanggung jawab menyebarkan ajaran Islam yang moderat, bukan hanya kepada orang Brasil tapi juga semua pengunjung dari penjuru dunia.”

Diluncurkan pada hari pertama Piala Dunia, Salam Brasil adalah hasil kerja keras selama tiga tahun dari berbagai badan dakwah Islam di Brasil di bawah pengawasan Majelis Tertinggi Para Imam dan Urusan Islam di Brasil.

Tim dakwah dari Fambras telah menyebarkan pesan suci Islam di berbagai kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia. Mereka membentuk 20 tim dakwah dengan fokus khusus di Sao Paulo dimana tiga tim dikerahkan di tiga tempat berbeda untuk menyambut para penggemar sepakbola.

Bulan lalu Fambras menerbitkan buku panduan khusus untuk penggemar sepakbola muslim pada Piala Dunia 2014.

Bertajuk “Salam (Hello) Brazil”, sekitar 65.000 brosur setebal 32 halaman ini telah diterbitkan oleh Serikat Asosiasi Islam Brasil yang bekerja sama dengan kedubes Oman di negara Amerika Selatan itu.

“Fambras juga meluncurkan aplikasi ponsel cerdas yang di dalamnya termasuk sebuah kompas untuk menunjukkan letak arah kiblat Mekah.”

Selain buku cetak, Fambras juga meluncurkan aplikasi ponsel cerdas yang di dalamnya termasuk sebuah kompas untuk menunjukkan letak arah kiblat Mekah untuk memudahkan salat lima waktu dan daftar restoran halal di setiap kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan sepakbola.

Layanan lainnya termasuk armada angkutan bus yang bertuliskan “Salam Bus”. Bus ini pergi ke berbagai daerah untuk membagikan berbagai buku Islam dalam beberapa bahasa. Bus khusus ini membawa slogan “Conheco o Islam” (Mengenal Islam) dan “Islam é Paz (Islam adalah perdamaian).

Fambras juga membagikan boneka kartun bertuliskan “Salam Brasil Boy” untuk anak-anak yang ikut menyebarkan pesan Islam di kalangan pengunjung Piala Dunia.

Sedangkan layanan telepon harian 12 jam dalam bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, dan Portugis telah diluncurkan sebelum Piala Dunia digelar.

“WhyIslam, proyek dakwah akar rumput terbesar di Amerika Utara, juga ke Sao Paulo.”

Bersama Fambras, WhyIslam, proyek dakwah akar rumput terbesar di Amerika Utara, juga ke Sao Paulo untuk menyampaikan informasi yang benar tentang Islam melalui cara komunikasi yang sederhana, efektif dan inovatif.

Sensus tahun 2001 menunjukkan ada 27.239 orang muslim di Brasil. Namun Federasi Islam Brasil menyebutkan jumlahnya mencapai satu setengah juta jiwa.

Salah satu indikator terbaik tentang pertumbuhan Islamdi negara itu adalah meningkatnya jumlah masjid di sana. Saat ini ada 127 masjid, atau naik empat kali lipat dibanding tahun 2000 lalu.(onislam/meidia)

Related posts

Riyadh, Kota Polusi Tertinggi di Dunia

Tety Polmasari

Dahlan Iskan Goyang Oplosan Bersama Warga Wonogiri

Tety Polmasari

Kalangan Pengusaha Desak Jumhur Mundur

Tety Polmasari

Leave a Comment