Forum Rektor Serukan Capres/Cawapres ‘Siap Menang, Siap Kalah’

JAKARTA (Pos Sore) — Forum Rektor Indonesia (FRI) meminta kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, beserta tim sukses untuk bisa menerima hasil Pemilu Presiden yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli nanti.

Apapun hasilnya, FRI meminta agar keduanya siap menerima kemenangan maupun kekalahan. Pihak yang menang untuk tidak merayakan kemenangan secara berlebihan, dan menghargai yang kalah.

“Memohon kepada pihak yang kalah untuk memberikan ucapan selamat kepada capres cawapres terpilih,” ujar Ketua Forum Rektor Indonesia Prof Dr Ravik Karsidi, MS, di Jakarta, Senin (14/7).

Menurutnya, suasana politik nasional sekarang ini tengah memanas seiring hasil penghitungan quick count yang dilakukan beberapa lembaga survei. Hasil hitung cepat ini membuat perdebatan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, proses rekapitulasi yang saat ini sedang berlangsung juga menambah suasana politik semakin tegang.

Karenanya, agar tercipta suasana pilpres yang adil, jujur dan damai, FRI meminta penyelenggara pilpres bisa bersikap netral serta bekerja secara profesional dan cermat untuk menjaga kejujuran dan keadilan dalam penghitungan suara.

FRI juga mengajak media massa untuk menjunjung tinggi profesionalitas, netralitas pemberitaan, dan etika jurnalisme untuk menciptakan suasana yang lebih kondusif bagi penegakan demokrasi, ketenteraman, serta ketertiban.

FRI yakin pilpres kali ini akan berlangsung dengan baik dan akan menghasilkan pemerintahan yang kuat dan efektif dalam menjalankan mandat konstitusi.

“Siapa pun yang terpilih menjadi presiden, itu berarti kemenangan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Ravik yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

FRI sendiri adalah lembaga perhimpunan para pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia. FRI didirikan di Kampus Institut Teknologi Bandung pada 7 November 1998. Saat ini FRI beranggotakan sekitar 3.200 rektor, ketua sekolah tinggi, serta direktur politeknik dan akademi di Indonesia. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!