Gerakan Pramuka, Role Model Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Senin, 22 Sep 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, menilai, peran Gerakan Pramuka dapat dirasakan sebagai role model kaum muda berperilaku hidup bersih dan sehat. Melalui Gerakan Pramuka pula berhasil mencitrakan kaum muda yang tidak merokok dan anti narkoba.

“Karenanya, Gerakan Pramuka tentu dapat didayagunakan dalam menyebarluaskan pemahaman hidup sehat khususnya bagi kaum muda dan masyarakat,” katanya, di Kemenkes, Senin (22/9).

Menkes yang juga Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada ini menandaskan hal itu usai memberikan penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada (SBH) Tingkat Nasional.

Dengan penghargaan ini, anggota SBH akan menjadi motivator dan terus memajukan SBH khususnya dan Gerakan Pramuka. Selain itu, SBH juga menjadi kader kesehatan yang berperan dalam pendidikan sebaya di lingkungan gugus depan dan di berbagai lokasi di daerah.

Saat ini, kata menkes, anggota Pramuka SBH diperkirakan berjumlah sekitar 600 ribu orang atau 2,5 persen dari seluruh anggota pramuka berjumlah 22 juta orang. Para kakak ini tentu sangat peduli untuk menjadikan setiap orang mampu hidup sehat.

Menurut menkes, tantangan SBH ke depan adalah memberikan keterampilan kepada ‘para adik’ yang mempunyai efek menciptakan lapangan pekerjaan serta berpotensi menjadi bekal hidup.

“Tidak semua peserta didik berkesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Bila saja SBH berhasil menciptakan lapangan pekerjaan, maka inilah sumbangan bagi masyarakat dalam mengatasi pengangguran,” tandasnya. (tety)