Toshiba Nilai Indonesia Pasar Strategis

Rabu, 1 Okt 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi yang pesat di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi Toshiba. Indonesia juga dinilai strategis karena memiliki pasar konsumen yang besar.

“Asia Tenggara, khususnya Indonesia, sudah lama menjadi daya tarik tersendiri bagi kami. Indonesia lokasi penting bagi pusat produksi kami,” kata Hisao Tanaka, President dan CEO Toshiba Corporation, dalam kunjungannya ke Indonesia, belum lama ini.

Melihat potensi ini, Toshiba berencana menginvestasikan US$ 1 miliar di kawasan Asia Tenggara selama 5 tahun ke depan. Selain itu, berencana untuk meningkatkan penjualan tahunan hingga US$ 7 miliar.

Dia menambahkan, Toshiba memiliki teknologi dan tenaga ahli yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan keamanan, ketentraman, dan kenyamanan untuk kehidupan masyarakat Indonesia.

Perusahaan asal Jepang ini siap membantu penyediaan energi listrik alternatif. “Kami mengatur kembali bisnis televisi kami beberapa tahun terakhir untuk fokus ke Asia Tenggara dan Indonesia sebagai lokasi utama produksi. Ke depannya Toshiba siap membantu pemerintah untuk menyediakan energi listrik alternatif,” tambahnya.

Meski identik dengan pabrikan alat elektronik, teknologi Toshiba, menurutnya, juga dikembangkan untuk menjadikan cara agar sumber daya manusia untuk melakukan transmisi dan transfer energi yang teredukasi bersama konsep Human Smart Community.

Komitmennya diwujudkan dengan mendirikan PT Toshiba Asia Pasific Indonesia yang mulai beroperasi medio Oktober 2014. Fokus bisnisnya dengan menyediakan sistem infrastruktur di bidang energi dan transportasi.

“Kami sudah pernah memasang pembangjit listrik tenaga air di Indonesia tahun 1974, juga empat pembangkit listrik tenaga panas bumi, 33 turbin elektrik, dan proyek Unit 1 Patuha di Jawa Barat,” jelas Tanaka.

Meski telah banyak berkiprah di Indonesia, Toshiba kali ini belum bisa memastikan investasi untuk Indonesia secara spesifik. Lantaran ia harus mengetahui karakteristik serta kebutuhan masing-masing negara di Asia Tenggara.

Smarthome home energy system yang telah diterapkan di Yokohama, Jepang pun bakal diperkenalkan ke Asia Tenggara, termasuk di Jakarta.

“Kami siap menyambut kehadiran perdagangan bebas di Asia dengan teknologi terbaru yang belum dimiliki kompetitor kami di Tiongkok,” jelas Tanaka.

Managing Director Toshiba Asia Pasifik Otani Fumio juga menyebutkan, sektor transportasi juga menjadi perhatian perusahaannya dengan penerapan teknologi solusi menyeluruh.

“Toshiba membuat alat industri teknologi baru yang hemat energi. Berupa motor penggerak yang efisien dan semikonduktor dengan mempercepat waktu tempuh di mass rapid train, misalnya,” urai Fumio Kepala Perwakilan Toshiba di Asia yang berpusat di Singapura ini. (tety)