7 C
New York
05/12/2020
Aktual

LKM Bina Cawang Mandiri – FK UKI Lakukan Penyuluhan Kesehatan

JAKARTA (Pos Sore)– Osteoporosis, salah satu penyakit yang paling banyak diderita para lanjut usia. Karenanya, penyakit kekeroposan tulang ini harus disosialisasikan, terutama mengenai ciri-ciri atau gejala dan pencegahan penyakit in.

“Olah raga rutin dan teratur serta banyak mengkonsumsi pangan yang mengandung kalcium, akan sangat membantu dalam hal pencegahan penyakit yang bisa menimbulkan kematian ini,” kata dr. Deasy Simanjuntak dari Akademi Fisioterapi Universitas Kristen Indonesia (UKI), di Jakarta, kemarin.

Begitu ditegaskan Deasy dalam penyuluhan kesehatan ‘Waspada Osteoporosis (Kerapuhan Tulang)’ yang diadakan Fakultas Kedokteran UKI bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Bisnis (LPPM-PB), dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Bina Cawang Mandiri, yang dananya bersumber dari PJM (Perencanaan Jangka Menengah) Program Penanggulangan Kemiskinan.

Penyuluhan ini diikuti para kader Posyandu Balita, Lansia dan PKK wilayah RW yang berdampingan dengan wilayah UKI. Sejak melaksanakan kegiatan penyuluhan bersama banyak penawaran berdatangan kepada LKM Bina Cawang Mandiri.

“Salah satu pendekatan yang dilakukan Fakultas Kedokteran UKI atau LPPM-PB lewat pengurus Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk balita maupun lansia, dari wilayah RW yang bertetangga dengan wilayah UKI, dalam hal ini yaitu RW 06, 10, 11,” jelas Puspita Andayani Kordinator LKM.

Di sisi lain, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UKI juga melakukan penyuluhan kesehatan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain penjelasan tentang materi PHBS, juga membahas ‘Masa Emas Bayi’ yang dikupas singkat lewat paparan 1000 hari pertama bayi di dunia.

Masa-masa ini disebut masa emas karena pada tahapan ini syaraf-syaraf penting dari tubuh manusia mulai terbentuk dan terhubung, yang akan menentukan kualitas hidup manusia tersebut.

Carlos P, Sekretariat LKM Bina Cawang Mandiri, menambahkan, di pelataran parkir Fakultas Kedokteran UKI Cawang diadakan kegiatan pengobatan gratis. Sebanyak 300 warga dari 3 wilayah RW yang berdampingan dengan wilayah UKI (yaitu RW 06, 10, dan 11) mendapatkan pengobatan gratis ini.

Dikatakan, kerja sama LKM Bina Cawang Mandiri dengan LPPM UKI masih terus berjalan hingga kini. Semua kegiatan ini bersumber dari PJM (perencanaan Jangka Menengah) Program Penanggulangan Kemiskinan.

Related posts

Ketua Majelis Syariah DPP PPP Maimoen Zubeir, Kisruh PPP segera Islah

Tety Polmasari

KAN – ESMA Teken Kerjasama, Ekspor Produk Halal ke Uni Emirat Arab Semakin Mudah

Tety Polmasari

Ketidakjelasan Guru Honorer K2, Hetifah Minta Kemendikbud Prioritaskan Masalah Ini

Akhir Tanjung

Leave a Comment