Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Indonesia Masih Rendah

JAKARTA (Pos Sore) — Sumberdaya ikan Indonesia berlimpah ruah. Sayangnya, masih saja ada rakyat Indonesia kekurangan gizi, utamanya protein hewani. Ironis, bukan?

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, rata-rata konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan hanya sebanyak 35 kilogram per kapita/tahun. Bandingkan dengan Jepang yang mencapai 60 kilogram per kapita/tahun dan Malaysia sebesar 50 kilogram per kapita/tahun.

Hal itu yang juga membuat tingkat kecerdasan (IQ) bayi lahir Indonesia hanya di level 89, di bawah rerata IQ negara-negara ASEAN yang memiliki IQ mencapai 91,3.

“Padahal kita negara kepulauan dan laut. Kita punya ikan di mana-mana, tetapi kekurangan protein hewani. Ikan yang dimiliki Indonesia berlimpah,” tandas Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Saut P Hutagalung, di Jakarta, Senin (19/11).

Karenanya, untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, KKP menggelar Hari Ikan Nasional (Harkannas) pada 21 November dengan acara puncak pada 29-30 November 2014.

Tujuannya, agar masyarakat Indonesia bersama dengan pemerintah dapat menjaga potensi ikan di Indonesia yang selalu hilang ke luar negeri akibat pencurian, sehingga produksi ikan Indonesia dapat dimanfaatkan secara langsung untuk dalam negeri.

“Dengan Harkannas ini, kami berharap dalam 1 hingga 2 tahun ke depan, ikan kita bisa didaratkan ke dalam negeri. Apalagi saat ini pemerintah melalui KKP telah mengeluarkan kebijakan moratorium untuk menjaga hasil dan potensi kelautan Indonesia,” tandas Saut.

Harkannas sendiri tahun ini, peringatan tahun pertama berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2014. Peringatan Harkannas ini bertepatan dengan Hari Perikanan Dunia, yang jatuh setiap 21 November.

Harkannas akan diperingati di seluruh Indonesia dengan pelaksanaan gerakan konsumsi ikan, gerakan memasyarakatkan ikan, pemberian bantuan, fasilitas bantuan sarana dan prasarana teknis perikanan, serta yang lainnya.

“Diharapkan semua daerah dan masyarakat Indonesia juga turut menyemarakkan acara ini agar gizi masyarakat Indonesia dapat terangkat,” tambahnya. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!