11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual Ekonomi

Mahasiswa Dilibatkan dalam Pembangunan Desa

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Desa akan melibatkan mahasiswa dalam upaya melakukan pembangunan desa. Dengan adanya gerakan ini mahasiswa memberikan pendampingan melalui ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat.

Dengan begitu, mampu meningkatkan produktivitas dan dayasaing masyarakat untuk mewujudukan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik tanpa harus keluar daerah.

“Mahasiswa tidak hanya duduk manis di kampus tapi langsung terjun ke masyarakat mempelajari persoalan sekaligus mencarikan solusi,” ujar Menteri Desa, Marwan Jafar, di Jakarta, Sabtu(6/12).

Menurut Marwan, adanya tenaga mahasiswa dalam rangka ikut membantu pembangunan desa dimungkinkan karena UU Desa telah memandatkan pemerintah dan pemerintah daerah menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat desa dengan pendampingan secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan.

Pendampingan masyarakat desa secara teknis dilaksanakan oleh satuan kerja perangkat daerah kabupaten/kota dan dapat dibantu oleh tenaga pendamping profesional, kader pemberdayaan masyarakat Desa, dan/atau pihak ketiga. ​

Yang dimaksud pendamping masyarakat dari pihak ketiga antara lain lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, atau perusahaan. Sumber keuangan dan kegiatannya tidak berasal dari anggaran Pemerintah Pusat (APBN), pemerintah daerah Provinsi (APBD-Provinsi), pemerintah daerah Kabupaten/Kota (APBD Kabupaten/Kota), dan/atau Desa (APB-Desa).

Dengan modal SDM dari perguruan tinggi yang handal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membuka peluang untuk melakukan MOU dengan perguruan tinggi dalam hal ​pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi tepat guna, dan temuan baru untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa.

“Ada juga pendampingan dalam pemberdayaan masyarakat atau melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik serta pelatihan tenaga pendamping,” kata Marwan. (tety)

Related posts

IDI: Ketahanan Kesehatan Indonesia Belum Siap Hadapi MEA

Tety Polmasari

Yamani Tidak Mengatasnamakan Anggota Apjati

Tety Polmasari

Protecting Your Website From Internet Thieves – Portion 3

Tety Polmasari

Leave a Comment