Pendaftaran Program Holland Scholarship Mulai Dibuka

Senin, 16 Feb 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Anda tertarik sekolah di negeri Belanda? Bagi Anda yang mencari program beasiswa, mulai sekarang saja mendaftarkan diri.

Ada program beasiswa baru, namanya Holland Scholarship. Nah, mulai Senin (16/2) ini pendaftaran dibuka lho.

Program ini mendukung 768 pelajar internasional tiap tahunnya untuk menempuh studi S1 atau S2 di Belanda. Selain itu, sebanyak 768 mahasiswa Belanda juga akan mendapatkan bantuan untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar Area Ekonomi Eropa selama minimal 3 bulan.

“Program Holland Scholarship bertujuan untuk meningkatkan profil perguruan tinggi Belanda dan mendukung mobilitas pelajar menuju maupun keluar dari Belanda,” jelas Inty Dienasari, Student Counselor Nuffic Neso Indonesia, di Jakarta, Senin (16/2).

Program beasiswa nasional Belanda ini untuk pelajar internasional dan Belanda. Program ini terwujud dari kerjasama Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Asosiasi Universitas Riset Belanda (VSNU), Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda dan EP-Nuffic.

Penggerak program ini antara lain dokumen Joint International Vision (ditulis oleh Asosiasi Universitas Riset Belanda dan Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda) dan International Vision Memorandum dari Menteri Pendidikan Belanda (Juni 2014).

Empat puluh delapan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda berpartisipasi dalam program ini dan juga berkontribusi pada setengah dari biayanya.

Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda Jet Bussemaker, berpendapat, pengalaman internasional memberikan nilai tambah yang bagus untuk pelajar. Meninggalkan kenyamanan lingkungan sekitar untuk studi atau magang di budaya dan lingkungan yang berbeda akan sangat memperkaya pengalaman.

“Program Holland Scholarship meningkatkan kualitas pendidikan tinggi lewat kelas yang internasional. Selain itu, program ini juga membantu memastikan bahwa Belanda tetap menjadi tempat terbaik untuk studi,” tambahnya.

Program ini akan mempermudah pelajar untuk magang atau menempuh sebagian durasi studi mereka di luar negeri. Pengalaman internasional juga membantu pelajar mengembangkan kemampuan internasional, yang akan memberikan kesempatan lebih besar di dunia kerja saat lulus nanti. Para pelajar pun menganggap periode studi di luar negeri sebagai pengalaman yang mengubah hidup.

Secara total ada 1.536 beasiswa yang tersedia tiap tahun. Pelajar yang tinggal di Belanda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di www.wilweg.nl/hollandscholarship dan melalui institusi tempat mereka belajar.

Pelajar internasional bisa mengunjungi www.studyinholland.nl/hollandscholarship sementara pelajar dari Indonesia bisa membaca tentang beasiswa ini di www.nesoindonesia.or.id/hollandscholarship dan menghubungi Neso Indonesia.

“Pelajar Belanda akan mendapatkan beasiswa senilai € 1,250 untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar Area Ekonomi Eropa,” tambah Inty.

Untuk pelajar internasional di luar Area Ekonomi Eropa, tersedia beasiswa senilai € 5,000 untuk studi S1 atau S2. Angkatan pertama penerima Holland Scholarship akan berangkat untuk memulai studi di tahun akademis 2015-2016. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015