Smesco Ajak Perguruan Tinggi Kembangkan Laboratorium Wirausaha

JAKARTA (Pos Sore) – Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM yang mengelola Gedung Smesco atau SME Tower menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan laboratorium dan pusat inkubator wirausaha. Langkah ini ditempuh mengingat saat ini kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Para mahasiswa bisa kuliah lapangan di Smesco agar lebih mendalami. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai mata kuliah wajib kewirausahaan tapi mereka tidak memiliki ruang kelas yang representatif untuk mendorong mereka menjadi wirausaha,” kata Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi di gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jumat (6/3).

Menurutnya, dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi, menjadi peluang bagi Smesco untuk mengoptimalkan fungsinya. Smesco memang diamanatkan sebagai lembaga yang mewadahi dan memfasilitasi penciptaan wirausaha di Indonesia.
Smesco dengan segala fasilitas pendukungnya termasuk ruang kreatif, ruang pamer, dan UKM Gallery bisa dijadikan sebagai laboratorium yang memungkinkan mahasiswa melihat langsung praktik kewirausahaan yang sukses.

“Ini bisa menjadi inspirasi dan pendorong bagi mahasiswa mengingat banyak produk kreatif terpamerkan di sini, ada workshop yang bisa digunakan oleh siapa pun, fasilitas, bahkan wadah bagi start up untuk bertemu dengan investornya,” lanjutnya.

Zabadi berharap pihaknya bisa menyediakan fasilitas untuk belajar bagi para mahasiswa hingga mereka kemudian terinspirasi untuk memulai usaha. Termasuk untuk mengundang investor atau bapak angkat.

Saat ini, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan 17 perguruan tinggi antara lain Universitas Indonesia, Bina Nusantara, Universitas Trisaksi, Universitas Tarumanega, dan Universitas Bakrie.

Nantinya, hasil-hasil kreatif dan ide para mahasiswa bisa diikutsertakan dalam ajang Smesco Krenov Fair yang tiap tahun diadakan Smesco. Ini ajang pameran produk-produk kreatif dan inovatif pelajar dan mahasiswa. Pada tahun lalu Universitas Indonesia dinobatkan sebagai pemenang produk paling kreatif dan inovatif. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!