Rakor Paviliun Provinsi Siapkan UKM Masuki Era MEA 2015

Jumat, 20 Mar 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Upaya promosi produk UKM dari seluruh Indonesia yang terus menerus dilakukan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM), membuahkan hasil yang cukup siginifikan.

“Seperti meningkatnya penjualan ritel selama 3 bulan terakhir ini sebesar 150 persen dibandingkan dengan periode yang sama selama 4 tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi.

Ia menegaskan hal itu usai menutup Rapat Koordinasi bertema ‘Paviliun Provinsi SMESCO Sebagai Pusat Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Koperasi dan UKM Seluruh Indonesia’, di Grand SMESCO Hills, Cisarua, Bogor, Jumat (20/3).

Ia menambahkan, strategi pemasaran SMESCO untuk memperluas akses pasar produk KUKM juga dilakukan melalui kerjasama dengan ritel modern. Sebut saja dengan 7-Eleven dan Carrefour. Selain itu, dengan membangun online shopping www.smescotrade.com.

“Positioning SMESCO sebagai pusat promosi dan pemasaran produk KUKM Indonesia akan diperkuat dengan branding SMESCO RumahKU atau Rumahnya Koperasi dan UMKM sebagaimana arahan Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga beberapa minggu yang lalu,” tambahnya.

Dengan sosialisasi ini para pelaku koperasi dan UMKM Indonesia dapat merasa lebih yakin keperluan hilir (pemasaran) dari produk yang dihasilkan dapat dilakukan oleh SMESCO.

Terkait Rapat Koordinasi Paviliun Provinsi yang berakhir pada Jumat (20/3) ini disebutkan menghasilkan beberapa komitmen dari para peserta rapat. Di antaranya sepakat untuk lebih memajukan keberadaan Paviliun Provinsi di SMESCO dan peningkatan intensitas pembinaan yang dilakukan Dinas Provinsi kepada para KUKM di daerahnya masing-masing.

Selain itu, kesiapan Dinas Provinsi untuk mengirimkan produk unggulan daerah ke Paviliun Provinsi sehingga dapat menjaga ketersediaan stock inventory dan dapat dijadikan sebagai produk potensial ekspor. Sepakat juga untuk menjadikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di daerah sebagai tempat kurasi produk sebelum dikirim ke Paviliun Provinsi.

“Hal lainnya, peningkatan strategi promosi produk unggulan daerah di Paviliun Provinsi Gedung SME Tower lantai 3, 11, 12, dan 15. Disepakati juga peningkatan kerjasama perluasan akses pasar produk KUKM dengan ritel modern,” tambahnya.

Dinas Provinsi juga sepakat untuk mendukung dan berpartisipasi pada event promosi tahunan SMESCO, yaitu IFA Fest 2015 (Indonesia Fashionista and Art Festival 2015) dan SMESCO Krenov Fair (Pameran Kreasi dan Inovasi Mahasiswa dan Pelajar).

“Dinas Provinsi juga ikut berpartisipasi dalam agenda Gerakan Indonesia WOW untuk mendatangkan produk KUKM yang akan dikurasi sebelum masuk dalam Galeri Indonesia WOW sebagai re-branding UKM Gallery,” ujarnya.

Menurutnya, Rapat Koordinasi yang diselenggarakan setiap tahun ini momen penting bagi SMESCO dan seluruh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi untuk secara bersama-sama membangun para pelaku KUKM agar semakin berdaya saing, sehingga kebutuhan masyarakat local dapat dipenuhi oleh para pelaku KUKM.

“Juga untuk mempersiapkan diri memasuki era ASEAN Economic Community yang akan diberlakukan di akhir tahun 2015 ini,” tandasnya. (tety)