11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual

Bambang Soesatyo: Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Cegah Disintegrasi Bangsa

BANJARNEGARA (Pos Sore)- Berbagai peristiwa yang telah menjurus kepada disintegrasi bangsa sudah banyak terjadi di sejumlah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu , sosialisasi empat pilar kebangsaan harus lebih digalakan secara merata ke seluruh wilayah NKRI agar dapat dipahami dan diamalkan demi utuhnya NKRI. “Melalui empat pilar kebangsaan, yakni UUD 1945, pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur,” ujar Setyo Hartadi dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan Anggota Fraksi Partai Golkar MPR RI, Bambang Soesatyo, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (10/4).
Hadir sebagai pembicara Drs. Setyo Hartadi, Wasman SPd. MM dan Supardi dengan peserta anggota PKK Desa Gelang, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara. Setyo mengingatkan akhir-akhir ini banyak potensi disintegrasi bangsa yang semakin meningkat baik secara kualitas maupun kwantitas. Hal ini sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa. “Cara mencegahnya kita kuatkan potensi integrasi bangsa dengan melaksanakan Pancasila untuk mewujudkan UUD45 sehingga terbentuk NKRI yang ber Bhineka Tunggal ika,” imbuh Setyo.Senada dengan Setyo, Wasman menilai berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan karena banyak pihak lalai dalam mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar kebangsaan dipandang sebagai sesuatu yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Empat pilar kebangsaan harus menjadi panduan kehidupan politik,menjalankan pemerintah, menegakan hukum, mengatur perekonomian dan berbagi dimensi kehidupan bernegara dan berbangsa lainya,” papar Wasman.
Supardi menambahkan, empat pilar kebangsaan dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata apabila seluruh penyelenggara negara, baik dipusat maupun daerah, serta seluruh masyarakat konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. “Empat pilar dari konsepsi kenegaraan Indonesia tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa ini untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandasan karakter kepribadian bangsa Indonesia,” ujarnya. (Bambang Tri P).

Related posts

Program ‘LPDB Goes To Campus’ Gaet Generasi Milenial

Tety Polmasari

Aksi Sosial Donor Darah: Bentuk Rasa Syukur 30 Tahun Indocare

Tety Polmasari

Polres Metro Bekasi Kota Bangun Posko Mudik Lebaran

Tety Polmasari

Leave a Comment