Bayar THR Pada H-14 Lebaran

Senin, 1 Jun 2015
Suasana Mudik Lebaran

JAKARTA (Pos Sore) — Pemerintah mengimbau kalangan pengusaha agar mempercepat pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) selambat-lambatnya dua minggu sebelum Lebaran Idul Fitri atau H-14.

Percepatan pembayaran THR tahun ini diharapkan dapat membantu para pekerja dalam persiapan menyambut hari Lebaran, termasuk mempersiapkan kegiatan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Pemerintah beralasan pembayaran THR dua minggu sebelum Lebaran diharapkan bisa membantu pekerja mempersiapkan diri saat pulang kampung atau mudik Lebaran. Sebab untuk keperluan tiket mudik pun biasanya harus dibeli jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Imbauan itu sengaja dikeluarkan meskipun seuai aturan pembayaran THR dilakukan paling lambat H-7.]

Pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini wajib diberikan sekali dalam setahun oleh perusahaan disesuaikan dengan hari keagamaan masing-masing pekerja yang merayakannya.

THR bagi pekerja /buruh diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan. Buruh yang menerima THR adalah yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus-menerus atau lebih.

Pekerja selama 12 bulan secara terus menerus atau lebih berhak mendapat THR sebesar 1 bulan upah. Sedangkan bagi mereka yang masa kerjanya lebih dari 3 bulan dan kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional. Hitungannya, jumlah bulan kerja dibagi 12 dikali satu bulan upah. (hasyim)