My Baby Lovely Spa, Ajak Ibu Indonesia Pijat Bayi Sendiri

Selasa, 9 Jun 2015

JAKARTA (Pos Sore) – PT Barclay Products — anak perusahaan di bawah PT. Tempo Scan Pacific Tbk, menggelar Program My Baby Lovely Spa untuk mengedukasi ibu Indonesia melakukan pijat bayi sendiri di rumah. Hal ini dilakukan karena ternyata, meski pijat bayi itu dirasakan penting, namun biasanya diserahkan oleh ibu ke tenaga berpengalaman seperti terapis baby spa atau dukun pijat bayi.

“My Baby ingin mendorong Ibu Indonesia melakukan pijat bayi sendiri di rumah untuk membangun ikatan tali kasih antara ibu dan bayinya, dan tentunya mengoptimalkan tumbuh kembang bayi,” kata Sr. Brand Development Manager My Baby PT Barclay Products, Dahlia Yolanda, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, manfaat pijat bayi yang utama adalah mendukung proses tumbuh kembang bayi secara mental, fisik dan sosial. Karenanya, pijat bayi lebih baik dilakukan oleh ibu kandung karena akan terjalin hubungan yang erat dengan sang bayi.

Dokter Margareta Komalasari SpA dari RS Pusat Pertamina dan Brawijaya Women & Children Hospital, juga sependapat, jika pijat bayi dilakukan oleh sang ibu. Ia beralasan pijat bayi adalah ungkapan cinta. Dan, sentuhan merupakan komunikasi pertama antara ibu dan bayi.

Sentuhan halus yang menenangkan saat pijat akan merangsang hormon Oksitosin pada ibu dan bayi, yang menimbulkan perasaan empati dan menghilangkan stress sehingga disebut hormon cinta,” jelas dr Margaretha.

Selain itu, pijat bayi akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman, tidak gelisah, mengurangi rewel dan tangis. Tidur pun lebih baik. Manfaat lain bagi bayi, yaitu akan meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi rasa sakit saat tumbuh gigi.

Sebelumnya, My Baby melakukan survey online terhadap 780 ibu berusia 24-45 tahun di seluruh nusantara pada Mei–Juni 2015. Hasilnya terungkap, 9 dari 10 Ibu Indonesia sudah memahami pentingnya pijat bayi untuk perkembangan bayinya. Namun 62% mengaku masih menyerahkannya ke orang lain, yaitu terapis baby spa atau dukun pijat bayi. Itu sebabnya, Program My Baby Lovely Spa kembali diadakan.

Program itu sendiri rutin dilakukan sejak tahun 2012 dan telah menjangkau langsung 27.000 bayi di 340 titik kegiatan di posyandu, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian yang mencakup 13 kota di seluruh Indonesia (Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, Medan, Palembang dan Lampung).

Pada 2015 program My Baby Lovely Spa akan dilanjutkan dan diperbesar untuk menjangkau langsung 12.000 bayi di 120 titik. Dengan menyebarkan informasi dan edukasi mengenai pijat bayi, My Baby berharap akan lahir generasi yang lebih kuat dan lebih terawat dengan penuh kasih sayang.

“Program edukasi kepada para ibu di Indonesia seperti yang dilakukan My Baby ini, salah satu wujud nyata komitmen PT Barclay Products yang terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia dalam hal pelayanan maupun penyediaan produk-produk perawatan bayi, anak-anak, kesehatan mulut dan gigi, perawatan tubuh dan pembersih rumah tangga yang berkualitas,” tambah Benny Setiawan, General Manager Marketing PT Barclay Products. (tety)