Pemerintah Sepakat Selesaikan Persoalan Pekerja Outsourching BUMN

Kamis, 25 Jun 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serius untuk menyelesaikan masalah outsourcing atau pekerja alih daya yang terjadi di BUMN. Keseriusan itu diawali proses penyelesaian perselisihan outsourcing yang ada di BUMN.

Kedualembaga pemerintah itu sepakat untuk membentuk tim bersama antara Kemnaker dan Kementerian BUMN dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan outsourcing di perusahaan-perusahaan BUMN.

Tim bersama tersebut juga akan melakukan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan BUMN dan para pekerja outsourcing supaya dapat bekerja dengan lebih professional dan sesuai dengan peraturan perundangan ketenagakerjaan

Pembentukan tim bersam itu untuk menjawab banyaknya ketidakselarasan antara kebijakan dari BUMN selaku para pemberi kerja dengan tuntutan karyawan.

Kementerian Ketenagakerjaan telah menindaklanjuti laporan tentang adanya pelanggaran pelaksanaan outsourcing di BUMN yang tidak sesuai aturan.

Jenis pelanggarannya antara lain adalah pekerjaan yang diserahkan oleh perusahaan BUMN kepada vendor bersifat inti serta hubungan kerja antara pekerja dengan vendor dibuat berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT). (hasyim)