Tidak Selalu Serangan Epilepsi Berupa Kejang dan Mulut Berbusa

JAKARTA (Pos Sore) — Masyarakat umumnya hanya mengetahui serangan epilepsi berbentuk kejang kelojotan disertai mulut berbusa. Serangan epilepsi tidak selalu demikian. Manifestasi bisa berupa perubahan tingkah laku dan kesadaran, serta perubahan-perubahan lain yang hilang timbul.

“Manifestasi serangan juga dapat berupa hilang kesadaran sesaat atau bengong, tiba-tiba menjatuhkan atau melempar benda yang dipegang, atau juga terjadi perubahan perilaku yang tiba-tiba sehingga keluarga mengira sedang kesurupan,” papar dokter spesialis syaraf dari RSU Bunda, Irawati Hawari, dalam media gathering ‘Kejang, Apakah Selalu Epilepsi?’, yang diadakan RSU Bunda Jakarta, Jumat (26/6).

Ia menjelaskan, gangguan listrik di otak tersebut disebabkan antara lain oleh kerusakan jaringan. Misalnya, tumor otak, cedera kepala, atau akibat gejala sisa dari suatu penyakit seperti infeksi otak (meningitis), gangguan pembuluh darah otak (stroke), cacat lahir, dan kelainan genetika.

“Sekitar 30% tidak diketahui penyebabnya,” lanjut Ketua Umum Yayasan Epilepsi Indonesia ini.

Epilepsi sendiri adalah salah satu penyakit neurologi menahun yang dapat mengenai siapa saja di dunia tanpa batasan usia, jenis kelamin, ras maupun sosial ekonomi.

Ia menandaskan, Jika tidak tertangani dengan baik, kejang pada anak bisa memicu kerusakan otak. Satu yang pasti, pertolongan pertama bukan dengan memasukkan sendok ke mulut. Melainkan, miringkan posisi anak, dan jangan masukkan apapun ke mulutnya.

“Memasukkan benda ke dalam mulut anak saat kejang, dikhawatirkan bisa membuatnya tersedak karena jalan napasnya tersumbat. Yang harus dilakukan adalah mengamankan jalan napas agar tetap lapang, antara lain dengan memiringkan posisi anak,” paparnya.

Yang juga penting untuk dilakukan adalah mengamankan benda-benda berbahaya di sekitar anak. Benda tajam dan pecah belah harus disingkirkan agar tidak tersenggol lalu jatuh dan membahayakan keselamatan anak. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!