17.5 C
New York
13/05/2021
Aktual

Dalang Insiden Tolikara Layak Disebut Teroris

JAKARTA (Pos Sore) — Ketua Umum Presidium Perhimpunan Indonesia Timur (PPIT), Laode Ida, menyayangkan insiden berbau SARA di Kabupaten Tolikara, Papua. Ia berpendapat pelaku dan dalang kerusuhan tersebut layak disebut sebagai teroris.

“Kami berharap polisi menemukan aktor di balik peristiwa itu berikut jaringannya dan mengategorikan mereka sebagai kelompok teroris,” tandasnya dalam siaran persnya, kemarin, di Jakarta.

Laode melanjutkan, jika pelakunya tertangkap, proses hukum harus diperlakukan layaknya seorang terduga teroris yang menjalani proses hukum. Salah satunya, memeriksa pelaku secara intensif selama tujuh hari berturut-turut.

“Kekerasan kepada kelompok agama bukan karakter orang Papua. Orang Papua tidak seperti itu. Mereka toleran dan menghormati kebebasan beragama orang lain. Kami duga kuat ada kelompok yang datang dari luar Papua lalu melakukan propaganda provokasi yang bertujuan mewujudkan Papua tetap menjadi kawasan tak aman dan bergejolak,” katanya menganalisis.

Selain menghukum pelaku sekaligus dalang insiden, pemerintah diminta membentuk forum antarumat beragama di Papua untuk menjaga komunikasi umat beragama di provinsi tersebut. Pemerintah juga harus mengadakan rekonsiliasi warga di wilayah penyerangan itu agar insiden serupa tak terulang.

Sebagaimana diberitakan, sekelompok orang yang diduga berasal dari umat Gereja Injili di Indonesia (GIDI) mendatangi Mushala Baitul Mustaqin di Tolikara, Papua, saat umat Islam menggelar shalat Idul Fitri, Jumat (17/7/2015) pagi.

Mereka melakukan protes karena pengeras suara yang digunakan dalam shalat Idul Fitri itu mengganggu acara yang juga tengah digelar umat GIDI. Insiden ini sempat membuat suasana kacau dan memakan korban jiwa, belasan warga luka-luka, serta sejumlah rumah dan toko terbakar, termasuk mushala. (tety)

Related posts

Cegah Investasi Bodong Kemenkop Sebarkan Satgas Pengawas

Tety Polmasari

30 Tahun Saka Bakti Husada, Pramuka Pelopor Hidup Sehat

Tety Polmasari

Rusmin Amin Sebut Timbangan Tepat Bikin Kopi Lebih Nikmat

ARYODEWO

Leave a Comment