KKP Kembali Gelar Festival Mutiara Indonesia

Jumat, 7 Agu 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Untuk kelima kalinya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pameran tahunan produk mutiara Indonesia bertajuk Indonesian Pearl Festival (IPF) 2015 yang kali ini bertema ‘Discover The Exotic East Indonesia’.

Direktur Pengembangan Produk Non-Konsumsi KKP, Maman Hermawan, mengatakan, pameran ini diadakan untuk mempromosikan dan penguatan mutiara Indonesia.

IPF ke-5 ini dilaksanakan pada 14-18 Oktober 2015 di Grand Indonesia West Mall Lantai 5 Jakarta. Dalam penyelanggaraan pameran, KKP juga menggandeng Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (Asbumi), Yayasan Mutiara Laut Indonesia (YMLI), PT Cipta Karya Multiguna dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT

“Selama ini penyelenggaraan pameran tersebut cukup sukses. Pada penyelenggaraan IPF sebelum-sebelumnya, telah terjadi peningkatan jumlah peserta yang signifikan dengan rata-rata kenaikan sebesar 30 persen per tahun yaitu berkisar dari 50-80 pearl vendors,” katanya, di Jakarta, Jumat (7/8).

Selain itu, juga terjadi peningkatan jumlah pengunjung antara 5.000-7.000 yang berasal dari dalam dan luar negeri serta peningkatan nilai transaksi yang tercatat setiap tahun mencapai Rp 15 miliar-Rp 20 miliar.

“Pada penyelenggaraan kali ini ditargetkan nilai transaksinya mencapai Rp25 miliar. Ini baru transaksi riil, karena biasanya dalam pameran itu juga ada kontrak-kontrak perdagangan,” katanya. (tety)