Sambut Hari Kemerdekaan ke-70 RI, LLP-KUKM Gelar ‘Smesco Vaganza’

Jumat, 14 Agu 2015
Direktur Utama LPP-KUKM/Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi

Mampang Prapatan-20150814-00018

JAKARTA (Pos Sore) – Menyambut Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menggelar Smesco Vaganza pada 14-16 Agustus di halaman gedung Smesco/RumahKU (Rumahnya Koperasi UKM).

Menurut Direktur Utama LLP-KUKM/Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi, kegiatan ini sebagai bentuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat. Aneka kuliner yang dijajakan para UKM dan pameran fashion yang dapat dibeli dengan harga terjangkau, salah satu cara berbagi kebahagiaan di hari kemerdekaan Indonesia. Tak tanggung-tanggung untuk fashion pengunjung diberi harga diskon hingga 50%.

“Di hari kemerdekaan ini justru seharusnya menjadi momentum bagi UKM untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat. Bagaimanapun UKM adalah pejuang ekonomi. Terlebih sebanyak 97% tenaga kerja Indonesia diserah UKM. Harusnya bangsa Indonesia memberikan apresiasi kepada UKM,” katanya, di sela Smesco Vaganza, Jumat (14/8).

Ia menyayangkan budaya sebagian masyarakat Indonesia yang masih memandang sebelah mata produk UKM Indonesia. Padahal dilihat dari segi kualitas, tak kalah dengan produk luar negeri. Ketika masyarakat Indonesia melihat harga produk UKM, lantas mengurungkan niat untuk membelinya. Lalu beralih membeli produk sejenis dari luar negeri.

“Itulah mengapa Smesco mengadakan even ini. Selain ingin berbagi kebahagiaan, juga ingin mengedukasi masyarakat betapa produk-produk UKM kita tak kalah pamor dengan produk-produk luaran sana. Smesco juga ingin masyarakat benar-benar merasakan Smesco sebagai Rumahnya Koperasi dan UKM,” ujarnya.

Karenanya, ia berharap momentum 17 Agustus ini menjadi momen masyarakat Indonesia bangga menggunakan produk UKM Indonesia sehingga kegiatan ekonomi Indonesia terus tumbuh. Terlebih di hari Kemerdekaan ini para UKM masih mau berbagi dengan memberikan harga diskon, yang dinilainya suatu hal yang luar biasa.

“Bagaimana tidak, UKM itu harus memberikan harga diskon dari harga dasar, jelas sesuatu yang perlu kelapangan hati mengingat produk-produk tersebut merupakan hasil kreatifitas yang tak bisa dinilai dengan uang,” katanya.

Dalam Smesco Vaganza ini tak hanya menyajikan aneka kuliner khas Indonesia dan fashion semata, ada juga pameran batuk akik, lomba mewarnai, dan Bisik, Bincang Asyik bertema ‘Membuka Akses Pasar Produk KUKM Melalui Media Online’.

Mampang Prapatan-20150814-00025

Tak kalah asyik, saat menikmati aneka kuliner dan pameran, masyarakat dihibur dengan musik dari komunitas pengamen jalanan. Bahkan, artis seperti Ikhsan Idol, Reza Herlambang, Kiki Kanoe juga dijadwalkan menyuguhkan lagu-lagu yang berasal dari suara emas mereka.

“Saya senang even ini diminati masyarakat. Terbukti pengunjung sampai harus mengantri untuk membeli aneka kuliner. Kalau bisa dibuka selama 24 jam. Kegiatan seperti ini memang perlu melibatkan masyarakat,” tuturnya bangga.

Yang lebih membanggakan lagi, para ukm yang terlibat dalam even sekelas ini tak dikenai biaya sedikitpun. Smesco UKM ingin para ukm benar-benar merasakan Smesco UKM sebagai Rumahnya Koperasi dan UKM. Bagi Ahmad Zabadi, ini keuntungan yang tak bisa diukur dengan lembaran rupiah.

“Gedung ini kan milik masyarakat, jadi harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya. (tety)