17.5 C
New York
13/05/2021
Aktual

Kepala ANRI Berikan Anugerah Kearsipan Tingkat Nasional 2015

Gambir-20150817-00076

JAKARTA (Pos Sore) — Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Mustari Irawan, memberikan anugerah kepada arsiparis, unit kearsipan, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT) dan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) teladan tingkat nasional. Kegiatan rutin ini dalam rangka memperingati Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia.

“Kegiatan pemilihan arsiparis dan pengelola arsip teladan tingkat nasional ini salah satu wujud peran serta ANRI dalam memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia di bidang kearsipan yang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas SDM kearsipan khususnya arsiparis yang kompeten, handal, berdedikasi dan berkinerja baik,” kata Mustari, di Jakarta, kemarin malam.

Ia menambahkan, pemilihan arsiparis teladan sebagai bentuk apresiasi kepada arsiparis atas pengabdian dan jasanya terhadap bidang profesi kearsipan. Dengan demikian para arsiparis teladan ini dapat dijadikan contoh keteladanannya untuk meningkatkan pengelolaan arsip.

Adapun peserta yang mengikuti seleksi pemilihan arsiparis terbaik sebanyak 56 peserta yang terdiri dari 25 orang arsiparis tingkat keahlian dan 31 orang arsiparis tingkat keterampilan. Selain itu, terdapat pula 4 pengelola arsip di lingkungan Badan Usaha Milik Negara yang turut mengikuti anugerah pengelola arsip terbaik.

Dalam pemilihan ini, peserta mengikuti berbagai tahapan tes yang terdiri dari ujian tertulis, wawancara dan presentasi kinerja. Para peserta berasal dari perwakilan provinsi dan instansi pemerintah tingkat pusat.

Pada kategori pemilihan unit kearsipan terbaik diikuti 11 kementerian dan 8 Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK) yang mengikuti seleksi administrasi. Berdasarkan verifikasi lapangan sebanyak 4 finalis dari kategori kementerian — Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, dan 3 finalis dari kategori LPNK — ANRI, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan Mahkamah Konstitusi).

Untuk kategori LKPT, sebanyak 3 finalis — Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret dan Universitas udayana, mengikuti penilaian presentasi dari 7 LKPT yang mengikuti seleksi administrasi.
Untuk pemilihan LKD terbaik dibagi berdasarkan wilayah binaan daerah yang dilaksanakan ANRI. Untuk wilayah binaan I meliputi Indonesia bagian tengah dan timur, sedangkan wilayah binaan II meliputi Indonesia bagian barat.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi dan telah dilakukan verifikasi lapangan, dari wilayah I (Tengah dan Timur) sebanyak 5 provinsi (Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah) serta 5 kabupaten/kota (Kab. Badung, Kab. Barru, Kab. Hulu Sungai Utara, Kab. Kotawaringin Barat dan Kota Ternate) lolos sebagai finalis LKD terbaik dan mengikuti penilaian presentasi pada 15 Agustus 2015 di ANRI.

Sedangkan wilayah II (barat), sebanyak 5 provinsi (Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Barat) dan 5 kabupaten/kota (Kab. Bangka Barat, Kab. Purwakarta, Kab. Purwerejo, Kab. Sleman dan Kota Cilegon) lolos sebagai finalis LKD terbaik dan mengikuti penilaian presentasi pada 15 Agustus 2015 di ANRI. (tety)

Related posts

The website design method in 7 simple steps

Tety Polmasari

Era New Normal, BTN Tetap Pacu Penyaluran Kredit Rumah

bambang tri

Operasi Binduk Amankan Bandar Narkoba

Tety Polmasari

Leave a Comment