Pekan Depan, Mentan Janji Harga Daging Ayam di Pasaran Stabil

Kamis, 20 Agu 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Terjawab sudah mengapa harga daging ayam melambung. Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, melonjaknya harga daging ayam karena banyak peternak ayam pulang kampung.

Pihaknya, kata mentan, menjamin harga daging ayam di pasaran akan stabil pada minggu depan karena peternak ayam baru beroperasi secara normal untuk menyuplai kebutuhan daging, setelah libur Idul Fitri dan libur peringatan Hari Kemerdekaan.

“Minggu depan harga ayam akan stabil kembali. Kemarin libur panjang, karena umur ayam siap potong 40 hari, jadi waktu panen mundur sekitar 15 hari untuk suplai daging ayam,” kata Amran Sulaiman usai bertemu dengan Asosiasi Perunggasan di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (20/8).

Amran menjelaskan harga daging ayam pada tingkat peternak tidak mengalami kenaikan, masih pada harga Rp 17 ribu sampai Rp 20 ribu. Tim dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah mengecek langsung ke lokasi peternakan. Ternyata, harga daging ayam di sana tetap Rp 18.000 per kilogram.

Mentan juga memastikan tidak ada harga daging ayam yang dijual mencapai Rp40 ribu per kilogram, yang ada harganya Rp40 ribu per ekor.

“Jadi, tidak ada alasan lagi harga ayam naik. Kami sudah bersepakat, tidak ada kenaikan harga daging ayam,” tegasnya.

Kedepan, Amran menjanjikan akan melakukan operasi pasar apabila harga ayam naik kembali. (tety)