10.8 C
New York
12/05/2021
Aktual

Mahasiswa Indonesia Kuliah di Jerman Tiap Tahun Meningkat

JAKARTA (Pos Sore) — Sejak beberapa tahun DAAD Deutscher Akademischer Austauschdienst atau German Academic Exchange Service) bersama DZHW (institusi Jerman untuk pendidikan tinggi dan penelitian) telah menerbitkan ‘Wissenschaft Weltoffen’. Satu analisa data mengenai peran Jerman sebagai negara tujuan studi dan riset bagi para peneliti dan mahasiswa.

Edisi tahun ini mengabarkan berita positif terkait hubungan akademis antara Jerman dan Indonesia. Oleh karena itu kami telah merangkum dan akan menyajikan data penting terkait kerjasama bilateral dalam bidang pendidikan antar kedua negara.

“Indonesia termasuk salah satu negara dengan angka pertumbuhan tertinggi mahasiwanya yang kuliah di Jerman. Selama tahun 2013 tercatat total 2.875 mahasiswa Indonesia melanjutkan studi di Jerman dan pada tahun 2014 meningkat sebesar 11,7%, menembus angka 3.210 orang,” kata Ivan Annusyirvan, Media Manager DAAD Regional Office Jakarta, di Jaakarta, Selasa (1/9)

Yang lebih menggembirakan lagi ada pertumbuhan angka mahasiswa baru dari Indonesia di Jerman: dari tahun 2002 ke tahun 2013 terjadi peningkatan sebesar 150% menjadi 1.122 orang. Secara keseluruhan, mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri masih tergolong rendah yaitu hanya 0,8% atau 42.835 orang (tahun 2011).

Jumlah mahasiwa Indonesia yang berhasil menyelesaikan studi di Jerman pada tahun 2011 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Akan tetapi meningkat kembali di tahun 2013, meskipun hanya 2% saja.

Jika dianalisa beberapa tahun ke belakang terdapat kenaikan yang signifikan: dari tahun 2002 hingga 2013 jumlah lulusan Indonesia di Jerman meningkat sebesar 136% menjadi 541 lulusan dalam tahun 2013.

“Statistik yang signifikan ini meningkatkan komitmen kami dalam bekerja dan dalam memperkuat hubungan kerjasama akademis antara Jerman dan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang terjalin erat dengan Anda selama ini,” katanya. (tety)

Related posts

Hubungan Industrial Kian Dinamis Dan Kompetitif

Tety Polmasari

Kolaborasi, Cara KemenkopUKM Capai Target 750 Startup Digital

Tety Polmasari

Transmart Carrefour Undi 5 Juta Kupon ‘Agustus Bagus’

Tety Polmasari

Leave a Comment