21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual

KKP-TNI AL-Polri Perkuat Kerjasama Berantas Illegal Fishing

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Kelautan dan Perikanan memperkuat kerjasama pemberantasan tindak pidana perikanan dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut dan Kepolisian Republik Indonesia.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama antara KKP dengan TNI AL dan Polri tentang Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Penanganan Tindak Pidana Perikanan sebagai panduan untuk menyamakan prosedur dalam penanganan tindak pidana perikanan, pada Rabu (30/12).

“Salah satu alasan pentingnya kesepakatan bersama ini untuk membentuk kesamaan pola tindak dan harmonisasi antara ketiga instansi penyidik yang berwenang dalam menangani tindak pidana perikanan,” kata Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP, Asep Burhanudin, di Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Asep Burhanudin selaku wakil KKP. Sedangkan dari TNI AL diwakili Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda tNI Ari Soedewo, dan Polri diwakili Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisari Jenderal Polisi Drs. Putut Eko Bayuseno.

Melalui kerjasama ini, Asep menambahkan, diharapkan proses penegakan hukum dapat terlaksana secara efektif dan menimbulkan efek jera bagi para pelaku illegal fishing.

SOP ini akan menjadi pedoman bagi para penyidik tindak pidana perikanan dalam menangani kapal pelaku illegal fishing di lapangan. Dari proses itu dilanjutkan dengan proses hukum sampai dengan penyerahan tahap II kepada Jaksa Penuntut Umum.

“Kerjasama ini juga sebagai payung hukum dalam pertukaran data tindak pidana perikanan yang sedang ditangani oleh ketiga instansi,” tambahnya.

SOP yang baru ditandatangani ini perpanjangan dari SOP sebelumnya yang telah habis masa berlakunya pada 2015. SOP yang baru ini berlaku selama 5 tahun hingga 2020. (tety)

Related posts

Lulusan BLK Harus Bekerja Sesuai Kompetensi Daerah

Tety Polmasari

KOWANI Paparkan 8 Langkah Wujudkan Keluarga Ramah Anak

Tety Polmasari

UU Perdagangan didukung 43 PP,Perpres dan Permen

Tety Polmasari

Leave a Comment