Sambut GMT 2016, Kemenpar Siapkan 100 Even Pariwisata

Selasa, 26 Jan 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Pariwisata telah mempersiapkan lebih dari 100 even pariwisata dalam menyambut momen spektakuler gerhana matahari total (GMT) 2016 yang akan terjadi 9 Maret. Fenomena langka ini diyakini dapat mendogkrak jumlah wisatawan luar negeri berkunjung ke Indonesia.

Even pariwisata tersebut mengeksplorasi budaya yang dipadukan dengan sains dan kearifan lokal. Itu sebabnya, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan pemerintah daerah yang dilintasi Gerhana Matahari Total 2016. Ada 12 provinsi yang mengalami fenomena langka dan unit tersebut.

“Salah satunya even pariwisata yang sudah disiapkan yaitu story telling terkait legenda yang tumbuh subur di tanah Nusantara. Ini bisa menjadi even menarik yang bisa kita jual pada saat terjadi gerhana matahari total,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta, Senin (25/1).

Menteri mencontohkan adanya legenda buto ijo menelan matahari saat terjadinya gerhana matahari hingga pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar penduduk menjadi sajian menarik bagi wisatawan. Itu sebabnya, Kementerian Pariwisata meminta tiap daerah harus berupaya menggali kearifan lokal yang berbeda sesuai dengan legenda yang berkembang.

Menpar menambahkan, GMT 2016 ini merupakan kejadian langka yang hanya terulang pada 350 tahun sekali. Ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh peneliti, ilmuwan, filosofi dan masyarakat umumnya.

“Momen GMT yang terjadi di 12 propinsi di Indonesia diperkirakan bakal menyedot lebih dari 5 juta wisman,” kata menpar.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Nurdin mengatakan, pihaknya, telah menyiapkan sejumlah even pariwisata menarik. Satu di antaranya adalah wisata kuliner di atas jebatan Ampera. Jembatan yang dibangun Presiden Soekarno pada 1964 itu akan ditutup selama 12 jam menjelang hingga berakhirnya GMT.

“Kita akan bersama-sama melihat puncak GMT dari atas jembatan Ampera. Karena sesungguhnya momen GMT terjadi selama 12 jam,” jelas Alex.

Sajian lain misalnya  even glowing night run, ritual komunitas supranatural, performance budaya, festival lomba foto internasional, pertunjukan barongsai sepanjang 30 meter, pelepasan lampion dan tour edukasi bagi anak sekolah.

Kota Palembang menjadi kota yang berada persis di jalur gerhana matahari total. Diperkirakan fase gerhana pada pukul 07:20 WIB dan gerhana total mulai berlangsung pada pukul 08:20 WIB. Gerhana total akan berhenti pada pukul 08:22 WIB namun fase gerhana baru selesai pada pukul 09:31 WIB. (tety)