BMKG Tayangkan Proses Gerhana Matahari Total 2016 Secara Langsung

Kamis, 11 Feb 2016

bmkg

JAKARTA (Pos Sore) – Gerhana Matahari Total yang bakal terjadi pada 9 Maret 2016, menjadi peristiwa langka yang banyak dinantikan masyarakat. Tak sedikit yang sudah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut fenomena alam itu.

Bagaimana jika ada yang tak sempat menyaksikan peristiwa saat pisis atau kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus?

Tak perlu khawatir, ternyata Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan menayangkan secara langsung proses terjadinya gerhana matahari total (GMT) lewat laman yang dapat diakses oleh masyarakat di http://media.bmkg.go.id/hilal pada 9 Maret 2016.

“Fenomena GMT di tempat yang sama ini hanya terjadi 350 tahun sekali. BMKG menyediakan video streaming informasi fenomena GMT,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya, saat saat memberikan keterangan pers tekait kejadian Gerhana Matahari Total (GMT), di kantor BMKG, Kamis (11/2).

Menurutnya BMKG akan mengamati proses terjadinya GMT lewat Kedeputian Bidang Geofisika BMKG khususnya Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu di beberapa tempat.
Di antara tempat-tempat pengamatan GMT itu seperti di Ternate, Palu, Tanjung Pandan dan Bengkulu.

Pengamatan juga dilakukan di lokasi-lokasi yang tidak mengalami GMT. Total titik pengamatan dilakukan di 179 stasiun BMKG yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Akan ada perbandingan hasil pengamatan di lokasi terdampak GMT dan lokasi yang tidak terkena GMT,” katanya.

Selain pengamatan GMT, BMKG juga mengamati dampak gerhana itu dari berbagai kajian ilmiah seperti dampaknya terhadap magnet bumi dan gravitasi bumi.

Dalam proses Gerhana Matahari Total itu, kata Andi, diperkirakan akan terjadi perubahan berbagai fenomena alam yang berbeda dibandingkan bumi saat tidak mengalami GMT. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015