Menkop: Menjadi Enterpreneur Masa Depan Menjanjikan

Minggu, 28 Feb 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendorong anak muda untuk harus mulai menanamkan jiwa entrepreneurnya sejak dini. Jangan hanya berpikir melulu mau jadi pegawai negeri. Dengan menjadi entrepreneur masa depan diyakini bakal lebih menjanjikan.

“Kalau jadi pegawai negeri kalau pensiun nanti tidak punya apa-apa, kecuali korupsi tapi bisa masuk penjara,” ujar Menkop Puspayoga, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (28/2).

Puspayoga menuturkan untuk menjadi seorang entrepreneur tidak begitu susah, hanya perlu diawali dengan kerja keras, penuh ketekunan dan yang penting adalah membangun jaringan. Dia menceritakan kisahnya sejak masa kuliah, sebelum sukses dalam karir politik seperti sekarang, Puspayoga adalah seorang anak muda yang tekun dalam dunia bisnis.

“Artinya sesuatu yang kita tekuni itu saya yakin bisa. Tidak itu, jangan harap bisa sukses,” katanya.

Diakuinya orang Indonesia memiliki semangat entrepreneur lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. Tapi dari segi jumlah pengusaha hanya 1,65 persen dari jumlah penduduk, lebih sedikit dari Malaysia yang sudah 5 persen, Thailand 4 persen dan yang mengherankan Singapura dengan jumlah penduduknya sedikit, jumlah pengusahanya justru tinggi yakni sudah sebesar 7 persen.

“Makanya belajar yang baik, dan membuat jaringan sebanyak-sebanyaknya, sharing dan apa yang disampaikan tadi buatkan program,” ucap menkop.

Karenanya, Puspayoga generasi muda meningkatkan kapasitas melalui program pelatihan kewirausahaan yang dilakukan di Kemenkop UKM dan dinas setempat. Pemerintah siap memberikan bantuan modal awal jika peserta mau secar serius mengikuti program tersebut. Jadi, anak muda jangan hanya mengeluh kepada pemerintah, tetapi juga menghasilkan sesuatu. (tety)