11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual

‘Soul of Bandung’ Dibanjiri Pengunjung dan Aneka Kegiatan Kreatif

Kebayoran Lama-20160228-01996

JAKARTA (Pos Sore) — Galeri Indonesia Wow kembali menggelar ajang ‘SMESCO-Marketeers Creativity Day’. Kali ini bertajuk ‘Soul of Bandung’. Ratusan pengunjung memenuhi gedung SMESCO RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM). Mereka ikut meramaikan event yang diperuntukkan bagi para insan kreatif dan produktif Indonesia, khususya para anak muda (youth), perempuan (women), dan pengguna internet (nitizen).

Smesco RumahKU pun mengundang Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk membawa para insan kreatifnya serta pelaku KUKM kota Bandung untuk menampilkan berbagai pertunjukan menarik, seperti musik, art performance, serta mini exhibition produk KUKM bidang kulienr, fashion, dan handicraft.

Mampang Prapatan-20160228-02000

IMG-20160228-01998

Mampang Prapatan-20160228-01999

“Tujuan dilaksanakannya even rutin bulanan ini untuk mengajak kepada seluruh masayarakat dan para pihak untuk mengenal lebih dekat terhadap produk-produk karya anak bangsa sendiri, kemudian menghargai dengan cara membeli dan menggunakan produkd alam negeri,” kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran KUMK Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi, di Jakarta, Minggu (28/2).

Selain sebagai destinasi belanja produk unggulan KUKM, Galeri Indonesia WOW juga ikut menumbuhkan kewirausahaan melalui berbagai fasilitas yang ada, seperti co-working space, maker space, creativity stage, investor meeting point, currated concept store, dan pop-up store.

Pihaknya, kata dia, akan terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan seluruh fasilitas ya ada di Galeri Indonesia WOW. Pihaknya juga mengajak para private equity untuk menjadi bapak angkat para start-up business Indonesia melalui pertemuan bisnis di Galeri Indonesia WOW ini sehingga terjadi akselerasi bagi para pelakukan KUKM untuk naik kelas.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga yang turut hadir dalam even kreatif itu mengatakan, Galeri Indonesia WOW ini dibangun bukan hanya sebagai tempat display produk-produk KUKM yang kreatif dan produktif saja. Melainkan juga bagaimana produk-produk tersebut dapat berorientasi ekspor dan menuju kepada digital economy.

“Galeri Indonesia WOW adalah tempat yang memang didedikasikan khusus oleh Kementerian Koperasi UKM melalui SMESCO Indonesia untuk mendisplay permanen produk dalam negeri, yang juga diangkat melalui keunikan masing-masing daerah pada 34 Paviliun Provinsi di gedung SMESCO RumahKU ini,” ujarnya.

Menurutnya, UKM menjadi tulang punggung perekonomian karena terbukti bisa bertahan dari terpaan krisis. Saat krisis 1998, misalnya, perbankan banyak mengalami kebangkrutan karena kredit macet hingga 30 persen. Kredit juga tidak bertumbuh bahkan angkanya minus 13 persen.

“Namun, Koperasi dan UKM mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Karena itu, sektor ini akan terus menjadi perhatian pemerintah agar ke depan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia,” tandasnya.

Staf khusus Menkop UKM, yang juga CEO Mark Plus, Hermawan Kartajaya, menambahkan, pemerintah akant erus mendukung penumbuhan strart-up business di Indonesia melalui berbagai even kreatif dan mengundang berbagai lembaga untuk bersinergi bersama Kementerian Koperasi UKM. (tety)

Related posts

Uber Target Kepesertaan BPJS TK Bentuk Divisi Kepatuhan Perusahaan

Tety Polmasari

Karyawati Cafe Membunuh Bayinya Diamankan Polisi

Tety Polmasari

Casio Luncurkan G-Shock Dash Berlin

Tety Polmasari

Leave a Comment