9.2 C
New York
11/05/2021
Aktual

Jokowi Harus Serius Tangani Soal Buruh

JAKARTA, (Pos Sore) –– Pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menyelesaikan persoalan buruh secara tuntas. Dan, ini sesuai dengan Nawacita yang menjadi program presiden Indonesia ketujuh tersebut.

Itu dikatakan Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin sebelum membuka Seminar Ketatanegaraan yang bertema ‘Evaluasi Sistem Ketatanegaraan Pemerintah Jokowi-JK Dalam Menghadapai Persaingan Global Ekonomi Sesuai Dengan UU NRI Tahun 1945 Pasal 27″ di Gedung Nusantara IV Jakarta, Kamis (24/3).

Menurut politisi Partai Golongan Karya (Golkar ) tersebut, permasalahan buruh dan persoalan di sekelilingnya hampir setiap saat menjadi bahan pembahasan panas di berbagai media diskusi dan seminar saat ini. Demo buruh yang kerap terjadi di Jakarta dan berbagai daerah lainnya di Indonesia, sepertinya sudah hal biasa terjadi.

Namun, persoalan inti yang terus menjadi masalah soal buruh sepertinya belum tertangani secara tuntas. Persoalan kesejahteraan buruh tidak hanya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) pemerintahan Jokowi-JK tetapi juga menjadi tugas anak bangsa Indonesia atau stakeholder (pemangku kepentingan-red).

“Jika kita bicara soal kesejahteraan, sebenarnya buruh kita itu masih belum sejahtera. Visi dan misi Presiden RI untuk mensejahterakan buruh Indonesia, nampaknya sekarang masih belum maksimal terlihat, sehingga hal ini perlu penanganan serius,” kata Mahyudin.

Soal buruh, lanjut dia, setidaknya ada tiga hal yang menjadi sorotan soal buruh saat ini. Pertama, masalah pendapatan. Pendapatan buruh ini termasuk rendah. Karena rendah banyak sekali tuntutan dan demo buruh yang seperti tidak pernah selesai. Mudah-mudahan pemerintah menemukan solusi terbaik agar ke depan upah buruh bisa ditingkatkan.

“Namun, saya tekankan kenaikan uopah buruh tidak serta merta menghilangkan daya saing usaha. Jika upah buruh terlalu mahal, nanti pengusahanya juga tidak bisa untung, bisa-bisa kolaps. Jadi daya saing usaha juga harus diperhatikan,” demikian Mahyudin. (akhir)

Related posts

Pemerintah akan Naikkan 5 Persen Klaim Asuransi JKN RS Swasta

Tety Polmasari

Gunakan PX, Cara Terbaik Menikmati Hiburan Multimedia

Tety Polmasari

Sejumlah Pelajar SD berikan Petisi Anti Korupsi kepada Anggota DPR

Tety Polmasari

Leave a Comment