20.7 C
New York
18/09/2021
Aktual Ekonomi

PPTKIS Dituntut Cari Peluang Kerja Bagi TKI Formal

JAKARTA (Pos Sore) — Perusahaan jasa TKI atau Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) dituntut terus membuka lebih banyak peluang kerja bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor Formal yang bekerja di luar negeri.

Lowongan dan peluang kerja bagi TKI formal yang tersedia di berbagai negara penempatan antara lain konstruksi, perminyakan, pertambangan, transportasi, jasa (services), perhotelan dan turisme, perawat, pelayan supermarket, pekerja perkebunan, pertanian serta perikanan.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan, ujar Plt Karo Humas Kemnaker, Helmiyati Basri menyitir dalam siaran persnya, Kamis (31/3) menyebutkan, terus mendorong agar para TKI memiliki keahlian, kompetensi kerja dan profesionalitas kerja, sehingga dapat mengisi lowongan pekerjaan- pekerjaan formal yang tersedia di luar negeri.

Usai menerima perwakilan PPTKIS, Menaker Hanif mengatakan kesempatan kerja di sektor formal yang tersedia di pasar kerja internasional masih terbuka lebar untuk para TKI.

Namun untuk mengisi peluang kerja di sektor formal tersebut, kualitas TKI harus ditingkatkan secara secara optimal melalui pelatihan kerja.

Hanif mengungkapkan untuk beberapa sektor pekerjaan, kualitas TKI formal asal Indonesia sudah bisa bersaing dengan pekerja asing lainnya bahkan kualitasnya sudah diakui oleh para user atau perusahaan-perusahaan di luar negeri.

Dia menyarankan bagi calon TKI dan masyarakat umum yang membutuhkan pelatihan kerja dapat memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersedia di pusat dan daerah. Jenis pelatihan kerja dapat disesuaikan dengan minat, kemampuan dan ketersedian lowongan kerja di dalam dan luar negeri.

Setiap tahun pemerintah terus mengupayakan peningkatkan kualitas tenaga kerja yang bekerja di luar negeri sehingga bisa jumlah TKI Formal akan semakin banyak. (hasyim)

Related posts

XL Serahkan Hadiah Utama Mobil Mazda

Tety Polmasari

Wisuda ke-38 Institut STIAMI, Rektor Sampaikan Renstra 2019-2024

Tety Polmasari

Acer for Education Menembus Batasan antara Manusia dan Teknologi

Tety Polmasari

Leave a Comment